Pontianak (Antaranews Kalbar) - Dua partai yakni Partai Bulan Bintang dan Partai Garuda diketahui tidak mendaftarkan bakal calon legislatif peserta Pemilu 2019 di Kota Singkawang, hingga batas akhir pendaftaran, kata Ketua KPU Kota Singkawang, Riko.

"Dari 16 partai politik dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu 2019, hanya 14 partai politik saja yang mendaftarkan Bacalegnya, sementara dua partai politik tersebut, tidak ada mendaftar," katanya di Singkawang, Kamis.

Sementara empat belas partai lainnya sudah mengajukan dan saat ini sedang dilakukan verifikasi sesuai tahapan yang ada hingga 18 Juli 2018.

Hasil verifikasi nantinya akan disampaikan KPU Kota Singkawang ke masing-masing Parpol pada tanggal 19-21 Juli 2018.

"Jika dari hasil verifikasi terdapat Bacaleg yang Parpol ajukan ke KPU Kota Singkawang tidak lengkap maka yang bersangkutan haruslah melengkapi sesuai ketentuan yang ada, dimana tahapan perbaikan berkas ini dilakukan mulai tanggal 22-31 Juli," ujarnya.

Bagi partai yang tidak mengajukan Bacaleg, katanya, maka secara ketentuan tidak bisa ikut dalam kontestasi Pemilu di tingkat Kota Singkawang.

Selain itu juga, kata Riko, sebagian besar partai yang mengajukan pendaftaran Bacaleg ke KPU Kota Singkawang memenuhi jumlah kuota kursi dari 4 Dapil yang ada di Kota Singkawang.

"Ada yang mengajukan jumlah Bacalegnya sesuai kuota kursi yang ada, ada juga Parpol yang mengajukan jumlah Bacaleg yang kurang dari jumlah kuota kursi DPRD Kota Singkawang," jelasnya.

Terkait keterwakilan perempuan yang diajukan masing-masing partai dalam kontestasi Pileg 2019, Riko menambahkan, seluruh partai dapat memenuhi ketentuan keterwakilan 30 persen dalam pengajuan Bacaleg yang disampaikan ke KPU Kota Singkawang.

"Untuk keterwakilan perempuan 30 persen seluruh partai memenuhi ketentuan tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panwas Kota Singkawang, Hj Zulita yang senantiasa ikut mengawasi pelaksanaan tahapan ini melihat tidak ada kendala yang berarti khususnya pada jadwal pendaftaran Bacaleg.

"Kami melihat semua sudah berjalan sesuai aturan yang ada," katanya.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018