Pontianak (Antaranews Kalbar) - Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Sambas Nizammudin mengatakan saat ini persiapan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) setempat sudah di atas 50 persen.

"Latihan dari Paskibra Kabupaten Sambas telah dimulai sejak tanggal 31 Juli lalu. Persiapan kini sudah di atas 50 persen dan akan terus dimatangkan dan dimaksimalkan," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Rabu.

Ia menjelaskan untuk jumlah Paskibra Sambas sebanyak 28 orang terdiri 14 putra dan 14 putri pelajar SMA/SMK se -Kabupaten Sambas yang telah lulus seleksi.

"Paskibra dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kenaikan bendera yakni Kelompok Merah Putih dan kelompok penurunan yakni kelompok Garuda Muda," papar dia.

Menurutnya selain pemantapan pelatihan kenaikan bendera dan penurunan bendera, Paskibra saat ini juga dilatih untuk melakukan pembentukan formasi 73. Hal itu dalam rangka menggambarkan kemerdekaan yang ke-73 Repuplik Indonesia .

"Sekarang tinggal latihan gabungan dengan pasukan 45 TNI Polri yang dimulai pada tanggal 11 Agustus," papar dia.

Menurutnya hingga saat ini tidak ada kendala yang berarti saat latihan.

"Dalam karantina ini mereka juga tidak diperbolehkan untuk jajan di luar. Pola makan dan kesehatan mereka juga kita perhatikan," jelas dia.

Untuk tahun ini Sambas mengikutsertakan empat peserta dalam seleksi Paskibra RI namun hanya bisa lolos di tingkat provinsi.

"Kita mengikutsertakan empat peserta namun hanya Lolos dua orang di tingkat provinsi saja yakni Ringgo SMKN 2 Pemangkat dan Ivana dari SMAN 1 Pemangkat. Dua laginya telah bergabung bersama kita latihan di sini," jelas dia.



 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018