Pontianak (Antaranews Kalbar) - Karena letaknya yang berada di ujung paling barat Indonesia, banyak yang menganggap bahwa liburan ke Aceh membutuhkan biaya yang besar. Dari mulai tiket pesawat, penginapan, transportasi, hingga kebutuhan makan selama berada di sana, padahal, Aceh sebenarnya tidak semahal yang kamu bayangkan. Dengan bujet terbatas, kamu bisa mendapatkan pengalaman liburan di Aceh yang seru dan menyenangkan dengan mengikuti tips-tips berikut ini.

Yakni, dengan mencari tiket pesawat jauh-jauh hari, tips pertama, cari tiket pesawat jauh-jauh hari. Hal ini sangat penting untuk mengantisipasi lonjakan harga karena peminat yang semakin banyak. Nah, salah satu platform pemesanan tiket pesawat yang bisa membantumu mendapatkan tiket pesawat murah ke Aceh adalah Airy. Layanan ini menyediakan beragam promo dan diskon tiket pesawat yang bisa kamu temukan setiap hari. Soal pembayarannya, kamu pun tidak perlu bingung karena sangat beragam, bisa melalui kartu kredit, transfer antar bank, atau pembayaran langsung di gerai Indomaret terdekat.

Pesan penginapan yang nyaman dan terjangkau, agar bujet liburan semakin hemat, maka pilihlah penginapan dengan harga yang terjangkau. Nah, soal ini kamu juga tidak perlu khawatir. Di Aceh, ada banyak penginapan dengan harga yang bersahabat tetapi tetap nyaman sebagai tempat bermalam. Untuk rekomendasinya adalah kamar hotel budget jaringan Airy.

Meski tarif per malamnya cukup terjangkau, di Airy kamu sudah bisa menikmati sejumlah fasilitas yang tak kalah dengan hotel berbintang. Beberapa di antaranya seperti TV layar datar, penyejuk ruangan, Wi-Fi, kasur yang empuk dan nyaman, perlengkapan mandi, air minum gratis, hingga kamar mandi dengan pancuran.

Cari tempat makan yang murah di Aceh, ada banyak tempat makan murah-meriah dengan rasa juara. Di Banda Aceh misalnya, kamu bisa sarapan di Lontong Pagi Kak Pipi yang harga seporsinya hanya Rp8.000. Di daerah Sligi, ada mie caluk yang satu porsinya hanya seharga Rp3.000. Jika kamu jalan-jalan ke Masjid Baiturrahman, lagi-lagi kamu juga tidak perlu khawatir mencari makanan yang terjangkau. Di belakang masjid atau di kawasan Pasar Peunayong, kamu bisa menemukan beragam menu makanan khas Aceh dengan harga yang pas di kantong.

Sewa motor untuk berkeliling,  angkutan umum di Aceh cukup susah ditemukan. Di Pusat Kota Banda Aceh saja, angkot atau Labi-Labi mulai terlihat jarang melintas. Meski Busway dan Transkutaraja sudah ada, tetapi armada dan rutenya masih sangat terbatas. Jadi, solusi terbaik untuk berkeliling Aceh adalah dengan menyewa motor. Untuk satu hari, biayanya mulai dari Rp100.000.

Beli oleh-oleh murah meski menekan biaya liburan, tapi bukan berarti kamu pulang tanpa membawa apa-apa, kan? Nah, apabila kamu ingin mencari oleh-oleh khas Aceh dengan harga yang murah meriah, salah satu tempat yang bisa kamu tuju adalah Pusaka Souvenir. Lokasinya berada di depan Hotel Medan, Peunayong, Banda Aceh. Sedangkan jika di Sabang, tempat yang bisa kamu kunjungi untuk membeli oleh-oleh murah adalah daerah Kota Bawah. Di sepanjang Jalan Perdagangan Kota Sabang, kamu akan menemukan deretan toko yang menawarkan beragam oleh-oleh khas Aceh dengan harga terjangkau.

Nah, itulah beberapa tips untuk jalan-jalan murah ke Aceh. Bagaimana, sudah siap merencanakan liburan?


 

Pewarta: rilis

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018