Pontianak (Antaranews Kalbar) - Pemerintah Kota Singkawang, Kalbar, melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia menyatakan siap menerapkan sistem "Computer Assisted Test" (CAT) pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

 "Jika memang dilakukan penerimaan CPNS, kita sudah siap dan tidak lagi merasa kebingungan," kata Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Singkawang, Deasy, Sabtu.?

 Meskipun seleksi penerimaan CPNS nanti akan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test), Insya Allah Singkawang sudah siap.

"Kebetulan kita juga sebelumnya sudah pernah mencoba melakukan seleksi dengan sistem CAT, jadi secara teknis maupun anggaran Insya Allah kita sudah siap. Artinya, begitu ada pembukaan dari Menpan kita siap," ujarnya.

 Dia menyebutkan, saat ini jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Lingkungan Pemerintah Kota Singkawang ada sebanyak 3.464 orang. Dimana setiap tahunnya selalu mengalami pengurangan dikarenakan ada ASN yang sudah memasuki masa pensiun.?

"Setiap tahun ada sebanyak seratusan orang yang pensiun," ungkapnya.?

Untuk mengatasi kekurangan itu, diapun berharap penerimaan CPNS bisa segera dibuka Pemerintah Pusat, mengingat kebutuhan tenaga di Pemkot Singkawang setiap tahunnya sangat diperlukan. ?

 Untuk sekarang, pihaknya masih menunggu informasi resmi dari Kemenpan RB mengenai formasi penerimaan CPNS.?

? "Kemarin memang BKD se-Indonesia ada diundang di BKN, dalam pertemuan itu ada membahas bagaimana proses seleksinya nanti," jelasnya.?

 Walaupun yang memutuskan untuk penerimaan CPNS tersebut adalah Menpan RB. Tapi BKD se-Indonesia sudah disosialisasikan hal itu.?

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018