Pontianak (Antaranews Kalbar) - Bupati Kubu Raya Rusman Ali mendorong setiap pemerintah desa untuk memaksimalkan potensi daerah melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kita akan mendorong kehadiran BUMDes agar dapat menjadi sarana dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui kegiatan-kegiatan perekonomian masyarakat melalui BUMDes," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Kamis.

Terkait hal itu, dirinya menyambut baik pelatihan pengelolaan BUMDes yang dilaksanakan oleh dinas terkait dengan menyasar pada pemerintah desa, agar bisa memaksimalkan keberadaan BUMDes di setiap desa.

Baca juga: Kubu Raya dorong Pemdes bentuk BUMdes

"Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas peserta mengenai pengelolaan BUMDes. Sehingga, BUMDes kedepan dapat menjadi mesin ungkit perekonomian pembangunan masyarakat dan desa," tuturnya.

Rusman Ali menegaskan Bimtek Pelatihan Pengelolaan BUMDes sebagai upaya pemerintah dalam peningkatan kemampuan SDM pengelola BUMDes ke depan lebih maju dan professional.

"Target capaiannya nanti setelah dilakukan pelatihan ini diharapkan kemampuan teknis maupun pengetahuan mereka bisa lebih meningkat, sehingga, pengelolaan BUMDes kedepan dapat lebih profesional," tuturnya.

Baca juga: Pembentukan Bumdes untuk kemajuan ekonomi desa

Dia menjelaskan, pembentukan dan pengelolaan BUMDes merupakan prioritas program Kementerian Desa, PDTT disamping program lainnya untuk memicu peningkatan ekonomi masyarakat dan desa.

"Dalam manajemen kepengurusan, BUMDes terpisah dari pemerintahan desa. BUMDes sebagai perusahaan yang dikelola masyarakat desa bertujuan untuk menggali dan mengelola potensi desa sebagai sumber pendapatan ekonomi desa," imbuh Rusman Ali.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Sosial Pemerintahan Desa Kabupaten Kubu Raya Nursyam Ibrahim mengatakan kegiatan Bimtek tersebut dilaksanakan atas kerja sama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Lembaga Kajian Keuangan dan Kebijakan Pemerintah serta Dinas Sosial Pemdes Kubu Raya.

Baca juga: Rusman Ali harap Bumdes gali potensi produk masyarakat

Nursyam meminta agar para peserta dapat memanfaatkan kegiatan tersebut untuk menambah pengetahuan dan pemahaman dalam membentuk dan mengelola BUMDes di Desa masing-masing. Hal itu dilakukan dalam mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat??desa dan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.

Bimtek tersebut menghadirkan narasumber dari Kementrian Desa, PDTT, Kemendagri dan Pemkab Kubu Raya.





 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018