Pontianak (Antaranews Kalbar) - Wakil Bupati Sambas, Hairiah bersyukur daerahnya menjadi bagian dari rute kirab pemuda yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga di Kalimantan Barat pada 15 - 19 Oktober 2018.

"Kita sangat bersyukur dan bangga menjadi daerah yang masuk sebagai rute kirab budaya Kemenpora. Kami akan sukseskan," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Rabu.

Hairiah menjelaskan adanya kirab pemuda tersebut bagian dari upaya menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan pemuda. Menurutnya dengan digelarnya kirab pemuda di Kabupaten Sambas, populeritas daerah ini diharapkan semakin dikenal di kancah nasional dan bahkan internasional.

"Kirab Pemuda ini adalah bagian dari meningkatkan kemandirian ekonomi pemuda, melalui kegiatan yang kreatif, patriotik, gembira, kompetitif. Harapan kita ini mampu meningkatkan keterampilan pemuda dan menjadikan kreativitas pemuda sebagai motor penggerak pemersatu kebhinekaan," katanya.

Baca juga: Sambas Perkuat Perlindungan Kepada Perempuan dan Anak

Hairiah mengajak masyarakat memberikan sambutan yang baik atas digelarnya kirab pemuda mendatang.

"Semoga kegiatan ini mendorong optimalisasi potensi daerah melalui peran pemuda, bersinergi dengan pemangku kepentingan terkait," jelas dia.

Ia memaparkan kirab pemuda akan diisi dengan beberapa kegiatan mulai pawai budaya, pentas seni, bhakti sosial serta lainnya.

"Kita inginkan bisa jadi informasi, ajang promosi dan hiburan bagi seluruh lapisan masyarakat," jelasnya.

Lanjutnya, guna menyukseskan kegiatan pemuda tersebut, Pemerintah Kabupaten Sambas melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga telah menggelar rapat koordinasi.

Baca juga: Dunia pendidikan motor penggerak pembangunan karakter

"Rakor telah digelar dan dihadiri undangan lintas sektoral, mulai dari organisasi perangkat daerah Kabupaten Sambas, perbankan, perguruan tinggi, organisasi kepemudaan dan olahraga, maupun TNI Polri dan Pemerintah Provinsi Kalbar," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sambas, Agus Supardan menjelaskan bahwa rapat koordinasi yang telah dilaksanakan membahas soal agenda acara dan lainnya.

"Kemudian dalam rakor juga membahas kesiapan masing-masing tim baik provinsi maupun kabupaten. Tim juga akan memantau lokasi home stay peserta kirab pemuda," kata dia.



 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018