Pontianak  (Antaranews Kalbar) - Pemkot Singkawang akan menggelar Outbond dan Aerobic Night Gertak merah putih pada 5-7 Oktober 2018 untuk memeriahkan HUT ke-17 Pemkot setempat sekaligus HUT TNI dan Sumpah Pemuda.

Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan, Kamis mengemukakan even outbond dan aerobic night ini untuk memeriahkan HUT ke-17 Pemkot Singkawang, HUT TNI dan Sumpah Pemuda.

"Untuk Outbond Gertak Merah Putih akan digelar dari tanggal 5-7 Oktober 2018 di Rindam XII/Tpr. Sedangkan Aerobic Night, dihelat pada 6 Oktober 2018 malam di sepanjang Jalan Merdeka hingga Jalan Diponergoro Singkawang," katanya.

Dua even ini, Pemkot Singkawang akan melibatkan seluruh elemen masyarakat mulai dari ASN, masyarakat umum serta komunitas-komunitas pemuda, siswa dan guru.

"Sebagai gambaran umum, khususnya untuk Aerobic Night, akan dihelat pada malam hari an melibatkan 17.000 orang, 17 Group Drum Band, serta 73 instruktur Aerobic dan prajurit TNI dan ibu-ibu Persit sesuai dengan angka HUT TNI," ucapnya.

Selain unjuk gigi dalam menyambut HUT Pemkot dan TNI, kegiatan ini akan menjadi bukti bahwa Kota Singkawang adalah kota yang aman, nyaman dan sejuk, bahkan ajang akbar ini akan menjadi wadah masyarakat ikrar bersama siap menjadikan Kota Singkawang yang aman dan nyaman jelang Pemilu dan Pilpres 2019.

"Kegiatan ini juga akan kita isi dengan kampanye aman dan damai jelang Pemilu Legislatif dan Pilpres, kampanye cinta kebersihan hingga kampanye antihoaks," ungkapnya.?

Kegiatan ini, katanya, sebagai bukti cara pandang orang Kalbar umumnya, bahkan yang berada jauh di perantauan di luar Kalbar bahwa citra Kota Singkawang sudah baik.

 "Alhamdulillah setiap jumpa kerabat terutama dari daerah lain, Singkawang jadi percontohan terkait toleransi, kerukunan, keamanan dan kenyamanan terbangun dengan apik," jelasnya.

 Sehingga, sudah menjadi tugas bersama, bahwa citra Kota Singkawang yang toleran, rukun dan harmonis ini senantiasa terus ditingkatkan.

 "Untuk menjaga itu semua bukan saja tugas TNI-Polri melainkan tugas kita bersama," katanya. 

 Untuk itu, kata Irwan, butuh dukungan semua elemen masyarakat dalam menyukseskan kegiatan yang akan dilaksanakan ini, pelibatan ormas juga baik dalam pengamanan dan peserta sangat diharapkan.

 Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang, Bosni, mengatakan wali kota dan wakil wali kota menginginkan Singkawang penuh dengan even dari 17 Agustus-17 Oktober 2018.

 "Mengenai even Aerobic Night sudah kita pastikan pesertanya mencapai 17.000 orang. Mereka berasal dari TNI, Polri, OPD, sanggar, ormas dan pelajar dari SMP sampai SMA se-Kota Singkawang," katanya.

Pada tanggal 7 Oktober dilanjutkan dengan Gowes Sing Bebas yang dikaitkan dengan HUT Perhubungan. Sedangkan pada tanggal 4,5 dan 6 Oktober 2018 diisi dengan kegiatan pendampingan komunitas kreatif yang dilaksanakan oleh Bekraf bekerja sama dengan Tempo Institute.

 Untuk tanggal 14 Oktober ada kegiatan dari Kemenpora yang dipusatkan di Eks Bioskop Kota Indah.?"Kalau even ini kita gabungkan dengan peringatan-peringatan HUT Pemkot, TNI dan Sumpah Pemuda memang cukup banyak," ujarnya.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018