Kendari (Antaranews Kalbar) - Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan telah terjadi Gempabumi tektonik berkekuatan 3,8 SR yang mengguncang wilayah BaratLaut (Kendari) - SULTRA  pada hari  Kamis (4/10) malam.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, di Kendari, Kamis mengatakan hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa terjadi pada pukul 23:19:31 wita dengan episenter 3.93 LS- 122.38 BT.

"Gempa terpusat sekitar  26.8 kilometer Barat laut Kendari- Sulawesi Tenggara berkekuatan M=3,8," katanya.

Baca juga: Gempa 6,3 SR terjadi di Pulau Sumba NTT
Baca juga: 17 kali gempa guncang Kupang

Ia mengatakan, berdasarkan laporan masyarakat menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa goncangan keras dirasakan di wilayah Kendari dalam skala intensitas II SIG-BMKG  (III MMI).

"Di daerah ini goncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh banyak orang," katanya.

Dijelaskan, hasil koordinasi hingga saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

"Terkait dengan peristiwa gempabumi di wilayah Kendari ini, hingga laporan ini disusun pada pukul 00.30 wita, belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang," katanya.

Ditinjau dari kedalamannya kata Rosa, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari di wilayah Kendari-Sulawesi Tenggara.

Pewarta: Suparman

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018