Pontianak (Antaranews Kalbar) - Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan bersyukur dengan keikutsertaan berbagai elemen masyarakat yang peduli terhadap kegiatan sosial terutama di bidang kependudukan keluarga berencana, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.

"Bukan saja ibu-ibu yang tergabung dalam TP PKK, melainkan kita sebagai abdi masyarakat tentu sangat peduli untuk menyukseskan program tersebut," kata Irwan di Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat.

Menurutnya, keluarga merupakan wahana utama terbentuknya kepribadian pertama dalam membekali anak manusia yang sedang tumbuh dan berkembang dengan nilai kehidupan.

Untuk membangun keluarga, kata Irwan, diperlukan berbagai terobosan guna menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan keluarga dalam memenuhi berbagai kebutuhan.

"Kebutuhan fisik maupun non fisiknya melalui program pemberdayaan untuk meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan keluarga," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa sesuai dengan visi yaitu seluruh keluarga ikut KB dan dengan misi mewujudkan keluarga kecil, sehat, bahagia dan sejahtera. Maka, sudah dapat kiranya peningkatan kualitas keluarga menjadi fokus utama program KB Nasional.

"Dalam mewujudkan misi tersebut telah dan sedang dilakukan berbagai upaya pemberdayaan keluarga dengan komitmen bersama antara BKKBN, Pemerintah Pusat, Pemerintah Kota dan seluruh stakeholder," tuturnya.

Dengan demikian, katanya, untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera kita harapkan seluruh keluarga ikut dalam program keluarga berencana.

"Seluruh keluarga kita harapkan ikut program keluarga berencana baik dalam perencanaan pendidikan, kesehatan, pertanian, perkebunan, perikanan dan lain-lain untuk meningkatkan ekonomi keluarga," pintanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Kota Singkawang, Juli Wahyuni mengatakan, tujuan diselenggarakannya rakor ini adalah untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Kota Singkawang.

"Pelaksanaan kegiatan selama 3 bulan, mulai dari Oktober ini sampai dengan Desember 2018," katanya.

Juli mengatakan, untuk mencapai keberhasilan pelaksanaan PKK-KKBPK, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat di Kota Singkawang, perlu dimanfaatkan dan ditingkatkan keterpaduan pelaksanaannya.

"Perlu adanya persiapan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang baik untuk mencapai sasaran dan hasil yang diharapkan dengan baik," ujarnya.

Jadwal pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan, katanya, meliputi pelaksanaan pembinaan pada bulan Oktober-Desember 2018 dan bulan Januari 2019.

Kemudian, pelaksanaan safari kesatuan gerak pada bulan November 2018 dan pelaksanaan penilaian lomba terbaik Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Kecamatan dan Kota pada bulan Desember 2018.

"Sedangkan di Tingkat Provinsi dilaksanakan pada minggu pertama bulan Januari 2019," katanya.



 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018