Pontianak (Antaranews Kalbar) - Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan mengampanyekan Senam Jantung Sehat mengingat provinsi tersebut menempati peringkat ketiga tertinggi pengidap penyakit jantung di Indonesia.

"Kalbar itu nomor 3 se-Indonesia dengan penyakit jantung tertinggi, namun kita tidak berbicara persen ya, tapi yang pasti kita nomor 3,"ujar Ria Norsan saat menghadiri peringatan Hari Jantung Sehat di halaman KONI Kalbar di Pontianak, Minggu.

Ia mengatakan faktor penyebab tingginya angka penderita sakit jantung di Kalimantan Barat ini dikarenakan kesadaran akan hidup sehat di masyarakat masih kurang.

"Untuk itu, dengan adanya senam jantung sehat ini, kita harapkan masyarakat Kalbar bisa lebih sadar untuk menjaga pola hidup sehat demi kesehatan jantung mereka," katanya.

Ia melanjutkan, mens sana in corpore sano merupakan ungkapan bahwa dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. "Berdasarkan ungkapan kalimat inilah Senam Jantung Sehat dilaksanakan," kata Ria Norsan.

Senam jantung sehat adalah olah raga yang disusun dengan selalu mengutamakan kemampuan jantung, gerakan otot besar dan kelenturan sendi, serta upaya memasukkan oksigen sebanyak mungkin.

Menurut Wagub Kalbar Ria Norsan, di dalam tubuh yang sehat terdapat terdapat jiwa yang sehat.?"Mari jaga tubuh kita, agar tetap sehat dan jantung juga tetap sehat dan jiwa juga tetap sehat," ajak H Ria Norsan saat Senam Jantung Sehat di Halaman KONI Kalbar.

 Dikatakannya, tubuh dan jiwa yang sehat akan menelurkan pikiran-pikiran yang baik.Pemprov Kalbar menyambut baik dilaksanakannya senam jantung sehat ini dan berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan semakin baik di Kalbar.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018