Pontianak (Antaranews Kalbar) - Pesawat tempur Hawk 100/200 dari Skadron Udara 1 Lanud Supadio ikut memeriahkan perayaan budaya robo-robo yang dipusatkan di Komplek Pelabuhan Kuala Mempawah, Kalbar.

"Kehadiran pesawat tempur kebanggaan Kalimantan Barat mencuri perhatian masyarakat yang hadir untuk memeriahkan event budaya tahunan tersebut. Atraksi terbang rendah (fly pass) tiga pesawat tempur Hawk 100/200 yang bermarkas di Skadron Udara 1 Lanud Supadio di atas langit kota Mempawah sangat memukau masyarakat," kata Danskadud 1 Letkol Pnb Supriyanto di Sungai Raya, Kamis.

 Dia mengatakan, tiga pesawat tempur ini dipimpin langsung Komandan Skadron Udara (Danskadud) 1 Letkol Pnb Supriyanto, Wingman 2 Lettu Pnb Yoga Kertiasa dan Wingman 3 Kapten Pnb Yasrul.

 "Pada acara budaya robo-robo tahun ini Skadron Udara 1 diundang untuk memeriahkan event tahunan ini. ?Dan ini kali kedua kita ikut serta memeriahkan acara ritual robo-robo.

 "Untuk itu kita mengerahkan satu flight dengan tiga pesawat tempur dan kita melakukan beberapa atraksi atau formasi. Tentunya kami bangga dapat berpartisipasi dalam acara Robo-robo ini dan bersyukur atraksi pesawat tempur berjalan dengan lancar dan aman," katanya.

 Diketahui, ritual Robo-robo dipimpin langsung Raja Mempawah XIII Pangeran Ratu Mulawangsa Mardan Adijaya Kesuma Ibrahim. ?Event budaya ini rutin dilaksanakan setiap tahun.

 Untuk tahun ini, telah dimulai sejak Senin (5/11) pagi. Ditandai dengan pelaksanaan ritual buang-buang dan pelepasan puaka (satwa) di daerah Lubuk Sauh. Kemudian dilanjutkan kirab pusaka senjata Kerajaan Mempawah sekaligus dirangkaikan dengan pembersihan senjata pusaka di Benteng Kota Batu, Pulau Pedalaman.

 Rangkaian kegiatan ritual robo-robo berlanjut dengan salawat akbar serta doa bersama untuk almarhum Opu Daeng Menambon di Keraton Amantubillah Mempawah dan Selasa (6/11) dilakukan ziarah ke Makam Opu Daeng Menambon di Dusun Sebukit Rama, Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir dilanjutkan acara musyawarah alam serta malamnya dilangsungkan adat toama sekaligus jamuan makan malam bersama raja dan sultan se-nusantara.

Selain atraksi pesawat Hawk 100/200 dari Skadron Udara 1, puncak acara ritual robo-robo juga dimeriahkan lomba tradisional seperti pangkak gasing, panjat pinang, layang-layang hias, uri gasing, tangkap bebek, motor air hias, lomba sampan dan dragon boat.





 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018