Pontianak  (Antaranews Kalbar) - Perwakilan Semayong Institute, Sambas, Atem bersama 59 peserta lainnya dari seluruh Indonesia mengikuti Putra Daerah Membangun (PDM) Academy Batch II, Depok, Jabar.

"PDM yang digelar 7- 9 November 2018 tersebut diikuti dari perwakilan yanh berasal dari wilayah Indonesia Bagian Barat seperti, Aceh, Sumatera, Jawa, Kepulauan Riau dan Kalimantan. ?Saya sangat bangga bisa hadir dalam kegatan tersebut," ujarnya saat dihubungi di Depok, Sabtu.

Menurutnya para peserta terpilih merupakan inisiator organisasi daerah yang telah berdiri minimal selama satu tahun baik berupa yayasan, komunitas, ataupun startup daerah.

"Kami dari Semayong Institute sebagai salah satu peserta terpilih sangat berkomitmen untuk membangun daerah" ujarnya.

Atem menjelaskan pada saat kegiatan berlangsung dan sesudahnya akan ada pendampingan oleh mentor-mentor di bidangnya.

"Pembicara-pembicara terbaik yang telah berkiprah membangun daerah di berbagai bidang seperti Reza Zaki, Sugeng Handoko, Nur Agis Aulia, Dewi Tanjung Farilyn Denisya dan Suryandaru dihadirkan panitia. Itu sangat memberikan wawasan bagi kami," papar dia.

Atem mengatakan bahwa sebelumnya PDM ll telah menyelenggarakan PDM Academy Batch I pada bulan Juli 2018 lalu di Makassar, yang diikuti oleh peserta-peserta dari Indonesia bagian timur.

"PDM Academy sendiri merupakan kegiatan pelatihan yang diadakan oleh Forum Nasional Putra Daerah Membangun (PDM) yang bertujuan untuk menginkubasi tumbuh kembangnya organisasi dan usaha-usaha pemberdayaan Indonesia dari daerah, khususnya untuk memberdayakan pemuda yang tertarik dengan aktivitas kemasyarakatan/NGO dan memberikan trigger untuk membangun daerah asalnya," papar dia.

Sementara itu selaku Project Officer PDM Academy, Rizky Yudo mengatakan kegiatan PDM akan berkelanjutan dalam rangka membangun daerah.

"Semuanya harus saling berkomitmen karena desa dan daerah ujung tombak pembungan negeri. Sebuah pelatihan penting untuk mengupgrade kapasitas seorang pemuda yang lahir dan menetap di daerah untuk mampu memberdayakan masyarakat di daerahnya," ujarnya dia.


 

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018