Pontianak (Antaranews Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, akan memprioritaskan pembangunan kembali tiga pasar tradisional di kota itu, kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak, Haryadi S Triwibowo.

"Ada tiga pasar tradisional yang dibangun atau direnovasi tahun ini dan tahun depan, yakni pasar di Jalan Harapan Jaya, kemudian Pasar Bukit Timah di kawasan Pasar Tengah, dan Pasar Ikan, di kawasan Pasar Flamboyan Pontianak," kata Haryadi S Triwibowo di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan, pengerjaan dua pasar tradisional, yakni pasar di Jalan Harapan Jaya dan Pasar Bukit Timah di kawasan Pasar Tengah menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD Kota Pontianak.

"Sementara itu, Pasar Ikan di kawasan Pasar Flamboyan menggunakan pembiayaan yang bersumber dari APBN," ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk pasar di Jalan Harapan Jaya melanjutkan pembangunan tahun sebelumnya dan biayanya dari APBD Kota Pontianak.

"Secara spesifik pasar di Jalan Harapan Jaya adalah pasar rakyat, yakni pasar yang menjual berbagai kebutuhan masyarakat yang bermukim di sekitar pasar tersebut," ujarnya.

Pasar tersebut dibangun tidak bertingkat, yakni hanya menyediakan meja untuk para pedagang menggelar dagangannya dalam menjual berbagai kebutuhan masyarakat Kota Pontianak.

"Sementara untuk Pasar Bukit Timah merupakan pasar yang menjual pakaian, sehingga dibangun dua lantai," katanya.

Kemudian, Pasar Ikan di kawasan Flamboyan diperkirakan membutuhkan anggaran sebesar Rp6 miliar yang bersumber dari APBN, katanya.

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018