Pontianak (Antaranews Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rusman Ali menyampaikan selamat dan apresiasi atas kehadiran Korpri sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Sejak pertama kali berdiri, Korpri sebagai satu-satunya wadah bagi Pegawai Republik Indonesia selalu berupaya terus menerus dalam meneguhkan fungsinya sebagai perekat dan pemersatu bangsa, menjaga netralitas dan hanya berkomitmen tegak lurus terhadap kepentingan bangsa dan negara," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Kamis.

Mewakili seluruh masyarakat, dirinya ingin menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap keluarga besar Korpri Kubu Raya, yang sudah dan sedang mengemban tugas, mengemban tanggung jawab, serta mengemban pengabdian kepada daerah, negara, bangsa, dan kepada rakyat di seluruh penjuru wilayah di Kabupaten Kubu Raya.

Dikatakan Rusman Ali, sejalan dengan berlakunya Undang-Undang Aparatur Sipil Negara, Korpri siap bertransformasi menjadi bagian integral dari pemerintahan yang berperan menjaga kode etik dan standar profesi, mewujudkan jiwa korps sebagai pemersatu bangsa, memberikan perlindungan hukum, serta mengemban kesejahteraan anggota.

Sebagaimana tema HUT Korpri tahun 2018 ini, "Melayani, Bekerja dan Menyatukan Bangsa", Korpri diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, terus bekerja dan berinovasi dengan ide dan gagasan solutif serta menjadi wadah pemersatu bangsa.

"Kami berterimakasih atas dedikasi dan pengabdian dari segenap pegawai di Kubu Raya dalam meberikan pelayanan kepada masyarakat sebagai bentuk pengabdian bapak dan ibu semuanya kepada bangsa dan negara. Melalui, peringatan HUT Korpri ini, saya berharap agar kita semua senantiasa meningkatkan kedisplinan diri kita dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kita sebagai abdi negara, bangsa dan masyarakat," kata Rusman Ali.

Dia menambahkan, ketika berbicara tentang pemberantasan praktik korupsi dan pungli, ketika bicara tentang peningkatan kualitas pelayanan publik, ketika bicara memenangkan kompetisi global dengan pelayanan publik yang prima, maka sesungguhnya anggota Korpri berada di garis terdepan.

Menurut Rusman Ali, agar Kubu Raya bisa menjadi bangsa pemenang dalam era kompetisi global maka rakyat membutuhkan anggota Korpri yang disiplin, bertanggung jawab, dan berorientasi kerja.

"Segera tinggalkan pola pikir masa lalu seperti egosektoral, mental priayi, mental penguasa, mental koruptif, yang hanya terpaku pada formalitas belaka.

Itu sebabnya, ketika diawal tahun 2014, secara tegas dan keras melakukan penegakan disiplin pegawai.

Walaupun pada saat itu, banyak yang mencibir dan menggerutu, karena merasa terganggu oleh penegakan disiplin pegawai yang diterapkannya.

"Sebab seiring dengan semakin kita tekankan disiplin pegawai, semakin banyak orang yang merasa terusik dari zona nyaman, dimana mereka bisa masuk sesuka hati dan pulang kantor semau hati," kata Rusman Ali.

Walau tidak mudah, lanjutnya, namun dirinya harus tegaskan wajib masuk tepat waktu. "Dan Alhamdulillah, seiring dengan berjalannya waktu, ASN di Kubu Raya sampai saat ini sudah semakin baik dan semoga dapat terus dipertahankan ditingkatkan," tuturnya.

Rusman Ali mengajak seluruh ASN Kubu Raya untuk fokuskan pada intisari dari pelayanan publik yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat, kepada masyarakat.

Untuk itu setiap anggota Korpri haruslah menjadi aset bangsa, yang menjadi bagian dari solusi bangsa, dan bukanlah bagian dari masalah bangsa.

"Artinya teruslah melakukan inovasi-inovasi agar pelayanan publik bisa makin murah, makin mudah, bisa makin cepat, bisa makin baik. Hilangkan berbagai kendala yang dapat mengurangi produktivitas dan menghambat percepatan laju pembangunan nasional," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018