Pontianak (Antaranews Kalbar) - Kedutaan Besar Jepang di Indonesia menghibahkan satu unit ambulan kepada Klinik Yayasan Alam Sehat Lestari (Asri) yang terletak di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Bupati Kayong Utara Citra Duani saat dihubungi dari Pontianak, Sabtu mengucapkan ribuan terima kasih kepada Kedutaan Besar Jepang yang telah memberikan mobil ambulan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Bupati mengatakan dengan adanya ambulan ini masyarakat cukup terbantu jika dalam keadaan darurat maupun ingin merujuk ke rumah sakit Ketapang.

"Pemerintah daerah sangat mengapresiasi bantuan ini, yang semua ini sejalan dengan visi pemkab lima tahun ke depan yang ingin meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang salah satunya melalui penyediaan mobil operasional ini. Di tahun 2019 nanti kami akan menyediakan ambulan air, untuk melayani masyarakat kepulauan maupun melayani masyarakat yang perlu rujukan ke Pontianak," ungkapnya.

Sementara Sekretaris Kedua Kedutaan Besar Jepang di Indonesia Kazuho Yoshida mengatakan pemerintahan Jepang ada program seperti bantuan hibah kepada daerah - daerah yang butuh bantuan finansial.

Ia melanjutkan, bantuan ini diakuinya sebagai bentuk kepedulian Pemerintahan Jepang terhadap peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) sebagai paru - paru dunia.

"Bantuan ini sangat tepat dilakukan, mengingat fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Kayong Utara masih sangat minim, sehingga banyak sekali pasien yang harus dirujuk ke Kabupaten Ketapang yang memakan waktu tempuh kurang lebih dua jam," jelasnya.

Selain itu juga tambahnya, pemerintahan Jepang tidak akan menutup mata terhadap pembangunan di Indonesia dari segala bidang terutama pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Dalam proyek ini kami fokus kepada pendidikan, pembangunan sekolah, dan lain - lain. Masyarakat Kayong Utara bila ingin mendapatkan fasilitas madical yang cukup bagus harus dibawa ke Ketapang, itu cukup jauh," kata dia.

Pewarta: Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018