Pontianak (Antaranews Kalbar) - PLN Unit Pelayanan Pelanggan (UP3) Sanggau melakukan pemasangan Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM) di bawah air Sungai Kapuas sepanjang 850 meter antara Desa Tanjung dan Desa Seberang Kapuas dalam rangka meningkatkan mutu layanan di daerah tersebut.

Manajer PLN UP3 Sanggau, Didi Kurniawan Abuhari, mengatakan pemasangan kabel SKTM tersebut bertujuan untuk meningkatkan kehandalan sistem kelistrikan di Desa Seberang Kapuas dan mampu menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan layanan kelistrikan.

"Pemasangan kabel SKTM lewat jalur sungai yang kami lakukan untuk memecah beban jaringan. Sehingga mutu tegangan listrik pelanggan di Desa Seberang Kapuas menjadi lebih baik atau sesuai standard kelistrikan " ujarnya saat dihubungi di Sanggau, Kamis.

Lebih lanjut dikatakannya, kabel SKTM yang dipasang lewat jalur sungai tersebut sepanjang 850 meter dan akan dipasang dengan cara ditanam dibawah air di sepanjang sungai Kapuas.

Baca juga: Pasokan PLN di Sanggau Terganggu Putusnya Kabel Tanah

Menurutnya pekerjaan pemasangan kabel mendapat dukungan dan pengawalan dari Bhabinkamtibmas Polsek Sekadau Hilir, Kepala Dusun Tanjung dan Kepala Desa Seberang Kapuas.

"Kami berharap dengan terpasangnya kabel SKTM ini masyarakat Desa Seberang Sungai dapat menikmati listrik dengan standar layanan yang maksimal," jelas dia.

Pihaknya terus berkomitmen dan terus berupaya melakukan perbaikan dan pemeliharaan jaringan listrik guna meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat.

"Apalagi jelang perayaan Natal dan Tahun Baru yang sebentar lagi akan tiba, kami harus lebih maksimal lagi. Perbaikan dan peningkatan mutu layanan menjadi hal yang wajib dan harus kami lakukan dari waktu ke waktu guna memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggan," kata dia.

Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk bersama menjaga kehandalan listrik Kalbar seperti mengizinkan pemangkasan pohon yang membahayakan jaringan trammisi PLN.

"Semua memiliki andil dalam menjaga aset negara ini. PLN adalah miliki kita bersama untuk meningkatkan taraf hidup bersama," kata dia.

Baca juga: Jepang Berhasil Mengirim Energi Tanpa Kabel

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018