Pontianak (Antaranews Kalbar) - Sebanyak 1.005 personel Polda Kalbar mengalami kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari sebelumnya.

"Pada periode 1 Januari 2019 ini, anggota Polda Kalbar yang mendapatkan kenaikan pangkat sebanyak 1.005 personel, dan untuk personel Polda Kalbar dan Polresta Pontianak yang pada hari ini diacarakan di lapangan Bhayangkara ini sebanyak 545 personel," kata Kapolda Kalbar, Irjen (Pol) Didi Haryono di Pontianak, Jumat.

 Selain itu, 10 personel PNS Polri juga turut menerima kenaikan pangkat, kemudian Kapolda Kalbar juga melakukan pengambilan sumpah pada PNS Polri di lingkungan Polda Kalbar hasil penerimaan tahun 2017 sebanyak empat orang, yang terdiri dari dua dokter dan dua perawat.

Didi menjelaskan, kenaikan pangkat dalam organisasi Polri merupakan wujud dari kompetensi dan tanggung jawab. Semakin tinggi pangkat seorang personel Polri, maka semakin tinggi juga tanggung jawabnya.

"Kenaikan pangkat dalam lingkungan organisasi Polri merupakan perwujudan dari kompetensi dan tanggung jawab, dan setiap jenjang kepangkatan memiliki level kompetensi dan tanggung jawab yang berbeda," ujarnya.

Ia juga menambahkan, pangkat bukan merupakan hak, tetapi pemberian atas akumulasi dari perjuangan dan prestasi yang telah ditorehkan untuk kepentingan organisasi dan kepentingan masyarakat.

 "Saudara-saudara diberikan apresiasi berupa kenaikan pangkat karena prestasi dan kontribusi yang telah diberikan kepada organisasi masyarakat dan negara selama periode tertentu," katanya.

Untuk pengamanan dan kegiatan pemeliharaan Kamtibmas, maka dia mengingatkan kepada para personel yang mengalami kenaikan pangkat tersebut, agar segera menjadikan dirinya siap dengan tuntutan kompetensi dan tanggung jawab tersebut.

"Maka saya berharap agar setiap personel memiliki tiga aspek kecerdasan, yaitu kecerdasan intelegensia, emosional dan spiritual agar mampu beradaptasi dengan cepat terhadap berbagai perubahan lingkungan," katanya.

Dalam kesempatan itu, dia menambahkan, agar semuanya mampu mengikuti perkembangan yang menjadi agenda masyarakat dan politik yang sudah menunggu peran dan dedikasi Polri di tahun 2019 ini.

"Jadikan diri sebagai motor kinerja dalam mendukung terwujudnya Polda Kalbar berkibar," katanya.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019