Pontianak (Antaranews Kalbar) - Wali kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengharapkan para petugas Satuan Pengamanan agar bekerja secara profesional dan humanis dalam menjaga keamanan.

"Seiring tuntutan zaman, para petugas Satpam sudah selayaknya bekerja secara profesional dan humanis dalam menjalankan tugasnya dalam menjaga lingkungan perkantoran atau pun pemukiman masyarakat,` kata Edi Rusdi Kamtono dalam sambutan pada Upacara Peringatan HUT ke-38 Satpam di Pontianak, Selasa.

Tema HUT Satpam tahun 2019 ini, yakni pemuliaan Satpam dalam rangka menghadapi Pemilu 2019, tentunya harapan semua pihak dalam menjalankan tugasnya, para petugas Satpam agar tetap mempertahankan prinsip-prinsip pengamanan.

"Tantangan semua pihak ke depannya, termasuk petugas Satpam agar tetap selalu waspada, dan bekerja profesional dalam menjaga keamanan lingkungan masing-masing," katanya.

Selain itu, ke depannya juga diharapkan ada regulasi yang mengatur profesi Satpam agar dari segi kesejahteraannya, para petugas Satpam bisa ditingkatkan lagi dari saat ini.

"Karena keberhasilan suatu kantor atau lingkungan masyarakat sangat dipengaruhi oleh kinerja dari Satpam juga, sehingga tingkat kesejahteraan para Satpam juga harus lebih terjamin lagi," katanya.

Apalagi saat ini, tanggung jawab Satpam dalam menjaga keamanan sangat berat dan besar, sehingga ke depan tingkat kesejahteraannya juga harus ditingkatkan lagi, kata Edi.

 "Selain itu, fungsi Satpam ke depannya tidak hanya sebagai pengamanan lingkungan, tetapi sebagai kehumasan dalam memberikan berbagai informasi terkait di lingkungan dia bekerja, karena Satpam sebagai ujung tombak kalau ada masyarakat yang ingin mendapatkan informasi tersebut," ujarnya.

Data Pemkot Pontianak, mencatat telah melakukan peningkatan atau pendidikan Satpam terhadap sebanyak 40 orang pemuda yang berusia angkatan kerja, sehingga bisa digunakan untuk melamar sebagai petugas Satpam di lingkungan kantor ataupun sebuah perusahaan.

"Program tersebut akan terus kami lakukan dalam menekan atau mengurangi angka pengangguran di Kota Pontianak," katanya.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019