Pontianak  (Antaranews Kalbar) - Jaringan PLN di sejumlah titik di Kabupaten Bengkayang, terputus akibat cuaca buruk yaitu hujan yang disertai angin kencang.

 "Di Bengkayang terjadi cuaca ekstrem, angin dan hujan deras. Bahkan sampai terjadi banjir dan tanah longsor di beberapa titik. Bagi PLN juga berdampak yakni jaringan terputus sehingga mengganggu suplai listrik di Kota Bengkayang dan sekitarnya," ujar Manajer Unit Pelaksana Peyananan Pelanggan PLN Singkawang, Sumarsono saat dihubungi di Bengkayang, Rabu.

 Ia menjelaskan beberapa lokasi yang terdampak cuaca buruk satu di antaranya di Perumahan BTN Luna yang terjadi banjir sehingga instalasi PLN berupa panel gardu terganggu.

"Upaya preventif segera dilakukan dengan memadamkan aliran listrik ke lokasi guna menghindari hubungan pendek arus listrik," papar dia.

 Ia menambahkan ganguan juga terjadi di daerah Sentagi yang merupakan percabangan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) yang mengalami putus "cut out" yang merupakan alat proteksi.

Setelah dilakukan investigasi, juga terjadi longsor di lereng bukit dan ada pohon yang tumbang menimpa jaringan listrik sehingga mengakibatkan tiang listrik miring.

"Untuk banjir yang sudah mulai surut dan hujan sudah reda, PLN segera menormalkan aliran listrik menuju ke rumah warga. Kami berupaya untuk memberikan layanan terbaik maka setelah kondisi cuaca mulai kondusif segera kami lakukan perbaikan agar masyarakat dapat segera menikmati listrik," papar dia.

Sementara untuk daerah Sentagi proses ?perbaikannya dilakukan sejak Rabu pagi dengan estimasi pekerjaan sekitar tiga hingga empat jam.

"Atas nama manajemen PLN UP3 Singkawang, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelayanan kami. Kami berharap ke depan cuaca di bumi Khatulistiwa umumnya di Kota Bengkayang dan sekitarnya aman dan cerah," harap dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019