Pontianak (Antaranews Kalbar) - Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi mengkampanyekan keselamatan berkendara sewaktu melepas peserta Touring Off Road 4 Th Anniversary Skin Singbebas, di halaman Mapolres, Minggu.

 "Mari kita cegah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di jalan raya," kata Raymond, di Singkawang.

Sesuai dengan tema yang digaungkan peserta Touring Off Road yakni Milenial Road Safety Festival di Kota Singkawang, dia mengajak warga masyarakat untuk bersama-sama mencegah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

 Karena mengacu pada data kecelakaan lalu lintas yang ada baik di Kota Singkawang maupun secara Nasional, bahwa sebagian besar korban kecelakaan lalu lintas adalah mereka yang usia produktif.

 "Hal itu kalau tidak dilakukan langkah-langkah bersama, tidak menutup kemungkinan korban jiwa akan semakin bertambah, tidak terkecuali sanak saudara kita yang menjadi korban berikutnya," ungkapnya.

 Langkah-langkah bersama itu, katanya, bisa dimulai dari keluarga kecil di rumah dengan upaya selalu menanamkan pemahaman kepada anggota keluarga bahwa aturan berlalu lintas dibuat untuk ditaati agar terwujudnya Kamseltibcar lantas di jalan raya.

 Menurutnya, upaya yang dilakukan oleh Unit Dikyasa Satlantas maupun anggota Polri di Polres Singkawang maupun Polsek jajaran bersifat Preemtif dan mengkampanyekan keselamatan berkendara adalah upaya untuk mencegah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

 "Namun, bagaimanapun peran serta masyarakat secara serius dan penuh kesadaran dalam menaati aturan berlalu lintas di jalan akan berdampak terhadap pelanggaran dan kecelakaan di jalan raya," tuturnya.

 Dalam kesempatan yang sama, Ketua IOF Kota Singkawang, Dwi Putra Sumarna mengajak para peserta Touring Off Road 4 th Anniversary Skin, untuk ikut mengkampanyekan keselamatan berkendara guna mewujudkan Kamseltibcar di jalan raya.

 "Kegiatan Touring yang diikuti, ada sebanyak 36 peserta yang berasal dari wilayah Singbebas," katanya.

Untuk rute, katanya, dimulai dari halaman Mapolres Singkawang, kemudian rolling ke Kota Singkawang, dan lanjut menuju Lohabang lalu ke Air Merah dan finish di Pasir Panjang.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019