Kota Singkawang mulai melakukan berbagai persiapan terkait pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXV tingkat Provinsi Kalbar tahun ini.

 "Kami telah melakukan berbagai persiapan sebagai tuan rumah pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXV tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun ini," kata Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan, Rabu.

 "Atas nama Pemkot Singkawang, saya ucapkan terima kasih yang setinggi tingginya atas ditunjuknya Kota Singkawang sebagai tuan rumah pelaksanaan STQ Tingkat Provinsi Kalbar," ujarnya.

Dijelaskan Irwan, STQ tingkat Provinsi Kalbar yang dilaksanakan di Kota Singkawang direncanakan digelar pada tanggal 21-27 April mendatang, usai pelaksanaan pemilu.

Sedangkan untuk tempat pelaksanaan, Pemkot Singkawang telah merencanakannya akan digelar di Stadion Kridasana sebagai tempat pelaksanaan pembukaan dan pertandingan cabang tilawah.

 "Kemudian, untuk cabang lainnya akan dilaksanakan di Masjid Agung, Basement dan Balairung Kantor Wali Kota Singkawang," ungkapnya.

 Pihaknya pun telah menyiapkan berbagai kegiatan untuk memeriahkan perhelatan STQ nanti.

 "Selain pelaksanaan STQ itu sendiri, kami juga telah menyiapkan beberapa kegiatan yang bernuansa Islami untuk memeriahkan STQ," jelasnya.

 Kegiatan tersebut, katanya, akan di tampilkan pada pembukaan STQ, yakni atraksi kolosal.

Kemudian, selama pelaksanaan STQ, pihaknya juga akan menggelar Tamaddun Islam yang berisikan qasidah, zikir nazam, hadrah, hadrah al banjari dan drum band.

Selain itu juga, akan digelar festival busana muslim dan festival qasidah millenial memperebutkan piala bergilir Gubernur Kalbar.

"Kami berharap festival ini bisa rutin dilaksanakan setiap penyelenggaraan STQ. Tidak hanya itu, kami juga menawarkan pada pelaksanaan STQ nanti ada panggung seni dan budaya," katanya.

 Di STQ itu juga, akan ada pawai taaruf. Pawai taaruf dengan mobil hias yang diikuti utusan kabupaten/kota, instansi vertikal, OPD, BUMN dan BUMD serta ormas islam di Kota Singkawang.

"Sedangkan untuk kelompok pejalan kaki diikuti ormas Islam, pelajar, mahasiswa dan kelompok drum band," ujarnya.

 Bahkan, pada pelaksanaan STQ nanti, pihaknya juga akan menyelenggarakan Festival Qasidah Millenial, lomba kaligrafi kontemporer dan pameran.

 "STQ kali ini diharapkan bukan hanya membangun Insan Qur`ani di Kalimantan Barat, tetapi pada saat itu walaupun hanya dalam waktu satu minggu dapat meningkatkan sektor-sektor ekonomi masyarakat dan usaha kecil menengah yang ada di Kota Singkawang," ungkapnya.

Untuk Kabupaten/Kota diharapkan dapat berpartisipasi menampilkan produk unggulan daerahnya masing-masing.

Irwan menambahkan, dari sisi penginapan, panitia telah berkoordinasi dengan pihak perhotelan. "Hotel di Kota Singkawang sudah sangat mencukupi dan memadai. Dan semua telah siap," katanya.

Kemudian, pada pembukaan akan menggunakan konsep millenial berbasis IT dengan penerangan 60.000 Kva dengan tiga dimensi seperti pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kalbar di Kabupaten Mempawah.

Irwan berharap, kegiatan ini dapat didukung oleh seluruh masyarakat dan stakeholder terkait, agar pada pelaksanannya nanti dapat berjalan dengan lancar.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019