Sukadana (Antaranews Kalbar) - Bupati Kayong Utara Citra Duani akan berupaya meningkatkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019 untuk menjalankan visi dan misi pemerintah Kabupaten Kayong Utara tahun 2018-2023 yang efektif, efesien dan tepat sasaran.
    "Laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Kayong Utara tahun 2018 yang kita terima hari ini merupakan langkah selanjutnya untuk kita memperbaiki susunan SAKIP tahun 2019 yang bermuara pada terlaksananya visi dan misi kabupaten yang efektif, efesien dan tepat sasaran," ucap Citra Duani saat menghadiri SAKIP Award 2018 di Banjarmasin, Kalsel, Rabu (6/2).
    Citra Duani menerima langsung hasil evaluasi SAKIP 2018 dari Menteri Pan RB Syafruddin. Ia menambahkan, ada 5 indikator yang menjadi tugas rumah kabupaten untuk meningkatkan hasil penilaian SAKIP. Untuk itu, OPD Kayong Utara harus mengacu pada visi dan misi untuk membuat rencana Strategis OPD serta tepat sasaran.
    "PR kita kedepanya yaitu melengkapi indikator kinerja, mengukur sasaran kinerja, menselaraskan antara RPJMD dengan rencana strategis dimasing masing OPD, dan membuat Standar Operasional Prosedur yang tetap dalam pengukuran data kinerja, serta pemantauan rencana aksi. Jika itu terlaksana saya yakin visi dan misi Kabupaten Kayong Utara akan berjalan efektif, efesien, dan tepat sasaran," ujar dia.
    Selanjutnya, selain menata kembali SAKIP Kabupaten Kayong Utara, bupati juga akan mendongkrak Akuntabilitas Kinerja Pegawai Pemerintah Kabupaten seiring dengan telah disusunnya analisa jabatan di tahun 2019. Ia berharap di tahun 2020 Aparatur sipil Negara (ASN) Kayong Utara masing-masing telah memiliki sasaran kerja.
    "Selain berupaya meningkatkan Grade penilaian SAKIP ditahun mendatang, saya juga akan meningkatkan Akuntabilitas Kinerja Pegawai yang ada di kabupaten Kayong Utara. Tahun 2019 ini analisa jabatannya akan kami susun dan di tahun 2020 nanti masing masing ASN memiliki sasaran kerja, dan memiliki jabatan tertentu di bidangnya jadi semua akan menjadi jelas siapa mengerjakan apa," demikian Citra.

 

Pewarta: Rizal/Humas KKU

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019