Singkawang (Antaranews Kalbar) - Masyarakat Kota Singkawang melakukan kesepakatan untuk mendukung dan menyukseskan perayaan Festival Cap Go Meh (CGM) dan Pemilu 2019 di Singkawang.

Hal itu mereka deklarasikan usai menghadiri acara tatap muka Kapolres Singkawang bersama tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat, tokoh masyarakat dan organisasi masyarakat dalam rangka menciptakan Kamtibmas di Aula Mapolres Singkawang, belum lama ini.

"Kami mengapresiasi masyarakat Singkawang yang sampai saat ini terus kompak untuk menjaga kebersamaan, terlebih dalam menyukseskan berbagai agenda budaya yang ada di sini," kata Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi yang diwakili Waka Polres, Kompol Joko Sulistiono di Singkawang, Minggu.

Joko menambahkan, kegiatan tatap muka itu bertujuan untuk menampung segala aspirasi dan informasi serta saran kepada Polres Singkawang untuk bagaimana dalam menghadapi Festival Cap Go Meh dan Pemilu agar bisa menciptakan Kamtibmas yang kondusif.

"Kami sangat berterima kasih kepada undangan yang hadir, karena sudah mau menyampaikan informasi dan sarannya kepada petugas keamanan untuk mengelola Kamtibmas pada kegiatan masyarakat," katanya.

Harapan pihak kepolisian dan masyarakat, katanya, dalam rangka menghadapi dua agenda besar ini dapat berjalan dengan aman dan sukses.

Pada kesempatan yang sama, Ketua MUI Singkawang, Muchlis AR mengimbau kepada umat Islam untuk berperan aktif dalam Pemilu 2019 kelak.

"Yaitu dengan mendatangi TPS-TPS terdekat dan menjaga keamanan dan ketertiban supaya Singkawang tetap kondusif, sehingga Pemilu 2019 kelak dapat berjalan dengan sukses dan damai," katanya.

Sementara, Sekretaris Jenderal Forum Komunikasi Pemuda Lintas Agama (FKAPELA) Kota Singkawang, William Soemokil mengatakan, segala isu yang dapat merugikan masyarakat dan menghancurkan sendi-sendi kehidupan bermasyarakat perlu diamankan.

"Diantaranya hoaks dan SARA," katanya.

Mengenai Kamtibmas, FKAPELA menyatakan siap untuk bekerjasama dengan kepolisian dan pihaknya akan turun langsung ke akar rumput supaya keamanan dan ketertiban untuk menyambut Festival Cap Go Meh dan Pemilu 2019 bisa dipastikan aman.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019