Pontianak (Antaranews Kalbar) - Bank Negara Indonesia (BNI) Pontianak turut andil memajukan ekonomi daerah dan satu di antaranya melalui program "Aku Saudagar Muda" dalam rangka untuk menciptakan pengusaha-pengusaha muda dengan hebat sejak dini.

"Program ini untuk meningkatkan kualitas program RKB (Rumah Kreatif BUMN) sekaligus mendorong terciptanya pengusaha muda dengan entrepreneur hebat," ujar Branch Manager BNI Pontianak, Muhammad Farid Ma`rof saat di Pontianak, Rabu.

Selain itu juga untuk mengenal dan memahami dunia wirausaha sejak dini agar tumbuh menjadi pribadi yang kreatif dan pantang menyerah.

Ia menyebutkan bahwa untuk mengawali kegiatan Aku Saudagar Muda yang digelar di Hotel Ibis Pontianak Rabu (13/2) tersebut pihaknya menghadirkan 97 siswa dari 10 sekolah yang ada di daerah itu.

"Pada kesempatan itu juga bukan hanya siswa, namun ada 10 UMKM binaan RKB juga kita hadirkan," papar dia.

Farid menjelaskan dalam program Aku Saudagar Muda siswa/siswi belajar sekaligus praktek berjualan (reseller). Para siswa akan menjual produk-produk milik pelaku usaha yang dibina dan dikembangkan RKB Pontianak.

"Sebelum aktif menjadi reseller, para siswa sebelumnya mengikuti pelatihan dan pendampingan yang dilakukan langsung oleh para pelaku usaha melalui kelas inspirasi, pengetahuan dan ketrampilan," jelas dia.

Menurutnya melalui kelas yang ada dan reseller produk UMKM, kepercayaan diri dan kemampuan para siswa ditumbuhkan sehingga ke depan bisa memulai usaha atau menjadi pengusaha.

"Intinya program ini merupakan sinergi BNI dengan berbagai pihak termasuk pemerintah lokal setempat dalam upaya mengoptimalkan dan mengombinasikan program yang ada," jelas dia.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kalbar, Muhyiddin mengapresiasi langkah BNI Pontinak. Apa yang dilakukan selaras dengan upaya pihaknya canangkan yakni memajukan pelaku usaha di daerah itu.

"Kita tentu sangat mengapresiasi dan mendukung program ini. Kita berharap ke depan bisa juga dilakukan bukan hanya BNI namun BUMN atau pihak lainnya. Sehingga UMKM kita lebih maju dan maksimal. Kita siap mendukung," kata dia.

Pewarta: Ded

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019