Putussibau (Antaranews Kalbar) - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi menekankan agar seorang guru jangan melupakan tugas pokoknya untuk mendidik siswa hanya karena ingin mengejar tunjangan semata.

 "Jangan terlena oleh berbagai tunjangan lalu melupakan tugas pokoknya mengajar di depan kelas," kata Petrus Kusnadi di Putussibau Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Jumat.

Menurut dia, ada sejumlah guru ingin mengejar tunjangan namun tidak melaksanakan tugas sebagaimana mestinya.

Bahkan, kata Petrus Kusnadi, ada juga sejumlah guru yang terlena dengan kegiatan lain meninggalkan tugasnya sebagai guru.  "Menjadi seorang guru itu sudah menjadi pilihan jadi laksanakanlah tugas dengan penuh tanggung jawab bukan hanya pelarian mencari kerja dan mengejar tunjangan," kata dia.
 

Baca juga: Profesi guru tidak bisa digantikan oleh mesin


Saat ini ada aturan, akumulasi dalam sebulan tidak pernah menjalankan tugas maka tunjangan tidak akan dicairkan. Disampaikan Petrus Kusnadi, memang ada ketentuan untuk menjadi guru profesional, namun tunjangan itu bukan semata - mata tujuan menjadi guru.

"Ingatlah tugas mulia itu mencerdaskan anak bangsa, guru itu figur segala - galanya, harus memiliki etika, moral dan budi pekerti yang baik," ucap Petrus Kusnadi.

Dirinya berpesan kepada guru untuk menambah kompetensi menyesuaikan perkembangan teknologi, karena tuntutan zaman semakin berkembang.

Tidak hanya itu, ia juga meminta kepada semua pihak peduli terhadap perkembangan pendidikan, karena untuk memajukan dunia pendidikan tanggung jawab bersama terlebih lagi para orang tua murid.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019