Pontianak (Antaranews Kalbar) - Kapolda Kalbar Irjen Polisi Didi Haryono mengajak semua lapisan masyarakat agar terus membangun sinergisitas dan keharmonisan yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

"Iklim kondusif kamtibmas dan keamanan di Kalbar terwujud karena semua pihak saling mendukung dalam mewujudkan kedamaian dan keamanan di wilayah Kalbar sehingga dapat melaksanakan Perayaan Tahun Baru Imlek dengan penuh sukacita dan rasa damai," kata Didi Haryono di Pontianak, Selasa.

Pada tahun 2019 akan diselenggarakan pemilu serentak sehingga diharapkan perhelatan politik tersebut dapat berjalan dengan lancar, aman, tertib, elegan dan sukses. Hal, menurut dia, semuanya dapat terkelola dengan baik.

Ia mengajak semua lapisan rakyat untuk senantiasa mengedepankan nilai-nilai kebinekaan yang berisi konsep pluralistik dan multikultural untuk menyamakan pola pikir dan cara pandang serta pedoman hidup bermasyarakat di Indonesia.

Menurut dia, keberagaman budaya, etnis, dan suku bangsa di Indonesia merupakan kekayaan bangsa ini yang dibingkai oleh 4 pilar, yakni UUD NRI Tahun 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

Dengan demikian, lanjut dia, dengan toleransi dari semua pihak telah mematangkan, mendewasakan, dan memperkaya masyarakat dalam mewujudkan bangsa Indonesia sebagai bangsa besar yang memiliki karakter, moralitas berperilaku santun, dan berbudaya elegan.

Ia juga mengingatkan bahwa beda itu indah yang merupakan anugerah Tuhan Yang Mahakuasa yang harus selalu dijaga dalam bingkai NKRI.

"Semoga dengan Tahun Baru Imlek 2570, Polri, TNI, pemda, tokoh masyarakat, agama, pihak swasta, dan seluruh elemen masyarakat Kalbar dapat terus membangun sinergi dan keharmonisan lintas sektoral di Kalbar," ujarnya.

Perayaan Tahun Baru Imlek bersama tersebut diakhiri dengan pernyataan sikap bersama oleh yayasan-yayasan yang tergabung di kelompok Yayasan Bhakti Suci dalam rangka terciptanya Pemilu 2019 yang damai.

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019