Pontianak (Antaranews Kalbar) - Ketua KPU Bengkayang, Kalimantan Barat, Musa Jairani mengatakan saat ini logistik untuk Pemilu 2019 baik kotak suara dan surat suara sudah tiba Bengkayang.

"Ada dua unit kontainer yang megangkut kotak kardus berisi surat suara yang masih disegel" ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Senin.

Ia menjelaskan pihaknya menerima 1.566 kotak surat suara 916.936 lembar kertas suara yang berisi lembaran surat suara untuk Pemilu DPD RI, DPR RI, DPRD Kabupaten dan Presiden dan Wakil Presiden.

"Surat suara dalam kotak atau kardus terbagi menjadi delapan jenis di antaranya, surat suara Presiden dan wakil Presiden, surat suara DPD RI, surat suara DPR RI dapil satu Kalbar dan DPRD provinsi dapil tiga Kalbar, masing-masing sebanyak 182.587 lembar dan termasuk DPRD kabupaten dapil 1 dan 4 kabupaten," papar dia

Baca juga: Sebanyak 1.406 koli surat suara tiba di Singkawang

Pada kesempatan itu ia menyampaikan bahwa terdapat 30 persen untuk pengiriman logistik Pemilu di daerah itu melewati jalur ekstrem, baik jalur darat maupun air.

"Setelah kita memetakan dari 122 desa yang tersebar di seluruh kecamatan di kabupaten Bengkayang, sekitar 30 persen daerah jalur tranportasi ekstrem. Itu tentu akan menjadi tantangan berat dalam proses pengiriman logistik Pemilu tahun 2019," ucap dia.

Musa Jairani menyebutkan bahwa akan ada pendistribusian logistik lebih awal dengan sasaran daerah tersulit dan jalur tranportasi ekstrem.

"Kalau daerah sulit distribusi seperti di Kecamatan Siding, Kecamatan Suti Semarang, Kecamatan Lembah Bawang, juga ada di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, daerah Pulau Kabung dan Pulau Lumukutan yang dilalui jalur air," tuturnya.

Baca juga: KPU dan Bawaslu Kalbar lakukan pengecekan logistik pemilu

Ia berharap semua pihak untuk terus mendukung proses pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Menurutnya partisiapasi dan dukungan semua pihak dalam menyukseskan Pemilu sangat penting.

"Terpenting lagi mari bersama menjaga keamanan dan ketertiban menjelang dan saat pemilihan. Mari kita laksanakan Pemilu ini dengan riang gembira. Dukungan semua pihak sangat diharapakan. Hindari perpecahan antara pendukung dan jangan menebar kebencian serta hoaks," ajak dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019