Pontianak (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang melakukan sosialisasi layanan pindah memilih daftar pemilih tambahan (DPTb) ke pihak manajemen perusahaan ternak, pakan dan pupuk PT Sujaya Group di Singkawang.

Dalam kesempatan itu, dihadiri pimpinan PT Sujaya Group, Tetiono, dan para manajer di sejumlah unit perusahaan yang tersebar di beberapa kecamatan di Singkawang.

Sosialisasi diadakan di kantor perusahaan, Jalan Komyos Sudarso, Kelurahan Singkawang Barat, Kamis.


Baca juga: KPU Kapuas Hulu diimbau lakukan sosialisasi Pemilu pada masyarakat paling bawah


Anggota KPU Singkawang Divisi Data dan Informasi, Umar Faruq mengatakan, sosialisasi yang dilakukan guna memperluas informasi berkenaan dengan pindah memilih di sejumlah tempat yang berpotensi adanya pemilih yang ingin mengurus pindah memilih.

"Sosialisasi ini kami sampaikan agar sosialisasi ini lebih massif. Tidak cuma lewat media, brosur dan lainnya, tapi juga dengan mendatangi langsung tempat-tempat yang berpotensi adanya pemilih yang ingin mengurus pindah memilih," katanya di Singkawang, Kamis.

Dalam kesempatan tersebut, Umar menyampaikan bahwa dalam mengurus pindah memilih, KPU terlebih dahulu melakukan pengecekan identitas penduduk.

"Apakah sudah terdaftar atau belum dalam DPT Nasional. Kalau sudah terdaftar, baru kami terbitkan form model A.5-KPU. Jika belum terdaftar, tidak bisa kami keluarkan formnya," ujarnya.


Baca juga: Kominfo sasar kelompok masyarakat strategis sosialisasi Pemilu 2019


Sementara pimpinan PT Sujaya Group, Tetiono, menyambut baik kedatangan KPU Singkawang.

 Menurut dia, apa yang telah dilakukan pihak KPU, sangat diperlukan oleh masyarakat. Terlebih lagi, tidak semua warga mengerti pada mekanisme pindah memilih.

"Kami sangat senang tim dari KPU bisa hadir di sini. Ini merupakan upaya yang baik dalam melindungi hak pilih warga negara dan juga untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat yang ingin pindah memilih," katanya.

Sebelumnya, KPU Singkawang juga telah melakukan layanan pindah memilih di unit PT Sujaya Group, yakni di PT Satwa Borneo Jaya (SBJ) di Singkawang Timur.


Baca juga: Sosialisasi penyelenggaraan pemilu karyawan ledo lestari


Diketahui, ada sekitar seribuan pekerja yang bekerja di unit-unit perusahaan PT Sujaya Group. Mereka berasal dari berbagai daerah di Kalbar, bahkan luar Kalbar.

Usai sosialisasi di PT Sujaya Group, KPU Singkawang melakukan pendataan pindah memilih di rumah-rumah sakit.

Pihak KPU meminta data pegawai rumah sakit di luar domisili setempat yang bertugas pada hari pemungutan suara nanti, untuk didata dalam potensi daftar pemilih tambahan (DPTb).

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019