Pontiana  (Antaranews Kalbar) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia menyasar kelompok-kelompok masyarakat strategis dalam melakukan sosialisasi penyelenggaraan Pemilu 2019 mendatang.
   
"Dalam melakukan sosialisasi di Kota Pontianak, kami menargetkan melakukan sosialiasi Pemilu 2019 kepada kelompok masyarakat stategis, kemudian milenial atau para pemilih pemula, disabilitas dan para pemilih perempuan," kata Tenaga Ahli Menkominfo, Freddy Tulung di Pontianak, Sabtu.
   
Ia menjelaskan, tentu pihaknya dalam mensosialisasikan Pemilu 2019, juga melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan media, dan pihak kampus, serta dengan kelompok-kelompok masyarakat strategis lainnya.
   
"Target kami adalah membantu KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih secara nasional, yakni sebesar 77,5 persen, dari sebelumnya Pemilu 2014 lalu sebesar 75,4 persen," ungkapnya.
   
Dia berharap, dengan intensifnya sosialiasi tersebut, maka partisipasi pemilih di Pemilu 2019 mendatang bisa meningkat secara signifikan.
   
Sementara itu, Direktur Informasi Komunikasi Politik Hukum dan Keamanan Kominfo RI, Bambang Gunawan menyatakan, pihaknya terus mengajak masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019, yakni tanggal 17 April.
   
"Kami saat ini menggelar sosialisai pada pemilih pemula di Kota Pontianak dari sebelumnya di Kota Singkawang, Kalbar," katanya.
   
Sosialisasi tersebut terus pihaknya gencarkan dalam mendukung target pemerintah, yakni menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019, yakni sebesar 77,5 persen.
   
"Dan sosialisasi tersebut kami lakukan tidak hanya dikalangan mahasiswa, tetapi pada semua lapisan masyarakat, seperti pada kelompok disabilitas guna mendorong masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 mendatang," katanya.
   
Ia menambahkan, pihaknya menargetkan melakukan sosialisasi terkait ajakan pada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya, yang hingga kini sudah dilakukan di beberapa tempat, intinya di luar Pulau Jawa.
   
"Dari digelarnya di beberapa tempat, seperti di Surakarta di kawasan 'Car Free Day' terlihat partisipasi masyarakat sangat antusias sekali. Dan sosialiasi di CFD tersebut akan dilaksanakan di Palembang dan Makassar juga," katanya.
   
Dalam kesempatan itu, ia mengajak kepada para pemilih pemula agar tidak "golput", tetapi mari menggunakan hak pilih dalam menentukan masa depan bangsa dan negara ke depannya.
 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019