Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) membuka tiga jenis pelatihan dalam rangka memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah itu.

“Pelatihan ini tentu satu di antara jawaban dan solusi bagi pelaku UMKM di Kalbar untuk memajukan usahanya dengan maksimal,” ujar Koordinatur PLUT Kalbar, Suherman di Pontianak, Selasa.

Suherman merincikan pelatihan tersebut di antaranya pelatihan wirausaha pemula, pelatihan  go online with Tokopedia, dan Bimtek ekspor.

“Waktu pelaksanaan pelatihan tersebut yakni untuk wirausaha muda pada 21 Maret 2019 dan sisanya pada 29 Maret 2019,” ujarnya.

Peserta pelatihan tersebut, kata dia, adalah dari anggota PLUT. Namun bagi yang belum menjadi anggota, lanjutnya, bisa terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota PLUT Kalbar.

“Untuk mengikuti kegiatan ini gratis atau tanpa dipungut biaya apapun. Peserta hanya memenuhi persyaratan administrasi saja fotocopy KTP, NPWP, profil usaha, dan foto produk,” kata Suherman.

Pemprov Kalbar, lanjut dia, melibatkan para praktisi terkait pengembangan UMKM untuk menjadi narasumber, di antaranya dari Bank Kalbar dan pasar ritel modern, selain dari Dinas koperasi UKM Provinsi Kalbar.

“Semoga apa yang diberikan terus mendorong dan memberikan semangat serta wawasan bagi pelaku UMKM kita untuk lebih maju dan berkelanjutan dalam menjalankan bisnisnya, sehingga kesejahteraan masyarakat terus meningkat,” harap dia.

Pihaknya sendiri berkomitmen untuk terus melakukan pendampingan dan memberikan pelayanan terpadu kepada pelaku UMKM di Kalbar. Menurutnya potensi UMKM di Kalbar sangat besar dan hanya tinggal dimaksimalkan dengan baik.

“Geliat UMKM di Kalbar terus meningkat. Kami terus membuat program-program dan pendampingan kepada pelaku UMKM di Kalbar untuk bisa maju. UMKM terbukti telah mampu terhadap krisis dan itu harus terus menjadi andalan kita,” ujar Suherman.


 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019