Aparat keamanan TNI - Polri dan sejumlah pihak di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat menyiapkan pengamanan untuk pelaksanaan Pemilu 2019 dengan menggelar apel gelar pasukan Mantap Brata terpusat di halaman Polres setempat.
 
" Yang terpenting kita ciptakan Pemilu yang aman, sejuk dan damai, kami dari TNI - Polri selalu siap mengamankan situasi dan kondisi," kata Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Siswo Handoyo, usai apel gelar pasukan persiapan pengamanan Pemilu 2019, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat.
 
Dikatakan Handoyo, kepolisian bersama TNI akan langsung mengamankan tahapan hingga pelaksanaan pemilu, termasuk pendistribusian logistik.
 
Apalagi Kapuas Hulu sangat luas, kata Handoyo, dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara sebanyak 993 tersebar di 23 kecamatan dengan kondisi geografis yang berbeda hingga pedalaman.
 
Disampaikan Handoyo, pihaknya menempatkan personil dalam pengamanan TPS.
 
" Kami mengajak seluruh pihak hingga lapisan masyarakat, mari kita sama - sama menjaga keamanan dalam pelaksanaan pemilu, karena bagaimana pun juga itu tanggung jawab kita bersama," ujar Handoyo.
 
Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero mengatakan masyarakat Kapuas Hulu sudah cerdas menghadapi pesta demokrasi, apalagi Pemilu sudah sering kita lakukan berulang - ulang.
 
Hanya saja kata, Antonius Pemilu kali ini agak sedikit berbeda dari Pemilu sebelumnya, karena banyaknya surat suara mulai yang di coblos secara serentak secara nasional.
 
" Ada lima surat suara yang kita harus pilih dan untuk surat suara untuk legislatif tidak disertai foto hanya kita memilih nama,"jelas Antonius.
 
Antonius mengatakan banyaknya surat suara yang di coblos itu perlu dilakukan sosialisasi yang banyak kepada masyarakat, agar masyarakat tahu dan memahami cara mencoblos sesuai aturan.
 
Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu untuk tetap menjaga rasa kebersamaan, kekeluargaan yang sudah terjalin dengan baik selama ini.
 
" Kapuas Hulu daerah yang damai dan harmonis, mari kita jaga jangan rusak hanya gara - gara Pemilu," pesan Antonius.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019