Pemprov Kalbar akan mengucurkan Rp16,5 miliar untuk membantu pembangunan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kalbar yang akan di bangun di Kelurahan Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan.

"Kita dari Provinsi akan membantu untuk pembangunan gedung utamanya sebesar Rp16,5 miliar di tahun ini," kata Gubernur Kalbar, Sutarmidji di Pontinak, Jumat (29/3).

Bantuan itu tak hanya di fokuskan kepada Pemrov Kalbar saja, tapi juga kepada Pemerintah yang ada di Kabupaten/Kota khususnya di Kalbar. "Termasuk Kota Singkawang," ujarnya.

Jika SPN sudah dipindah dan dibangun di Singkawang, maka peredaran uangnya akan semakin meningkat. Kemudian, jika dilihat dari sisi investasi, maka tingkat keamanan untuk orang berinvestasi di Singkawang juga akan merasa aman.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Polri, karena SPN akan ditempatkan di Singkawang," ujarnya.

Secara terpisah, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie juga menyatakan siap untuk membantu pembangunan SPN di Singkawang. "Apalagi Singkawang merupakan tuan rumah," katanya.

Mengenai bantuan, intinya Pemkot Singkawang siap saja mau dilihat dari sisi apa. "Tidak masalah, apalagi SPN akan dibangun di wilayah kita, jadi tidak susah," ujarnya.

"Yang sudah Pemkot Singkawang lakukan kemarin dari pembangunan SPN adalah gerbang, dimana bantuan yang diberikan adalah sebesar Rp200 juta. Kedepan, kita di bagian mana untuk bantuan intinya kita siap saja," ungkapnya.

Menurut dia, tidak hanya Kota Singkawang saja yang akan membantu, tapi juga seluruh kabupaten/kota akan ikut membantu. "Apalagi kita sebagai tuan rumah, kita selalu siap," jelasnya.

Sementara Ketua DPRD Singkawang, Sujianto mengatakan, siap mendukung jika SPN akan dibangun di Singkawang. "Karena dengan dibangunnya SPN di Singkawang tentu akan memberikan dampak yang positif dari pembangunan tersebut," katanya.

Menurutnya, dukungan yang diberikan Pemkot Singkawang bukan hanya sekedar bicara saja, tapi juga ikut membantu dalam pembebasan lahan untuk SPN seluas 40 hektare.

"Nah kalau sudah disiapkan lahan, maka anggarannya untuk pembangunan diharapkan bisa gotong royong," ujarnya.

Sehingga beberapa waktu lalu semua kepala daerah di Kalbar di panggil untuk bisa memberikan dukungan terhadap pembangunan SPN di Singkawang. "Saya lihat semua wali kota dan bupati sepertinya mendukung pembangunan SPN di Singkawang," ungkapnya.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019