Kapolres Singkawang AKBP Raymond M Masengi mengatakan pihaknya memastikan penghitungan suara pemilihan presiden dan anggota legislatif yang masih berlangsung di tingkat kecamatan (PPK) akan berjalan dengan aman dan lancar.

"Sampai sekarang situasi Kota Singkawang tetap aman dan kondusif setelah  pemungutan suara pemilu, Rabu (17/4) lalu," kata Raymond di Singkawang, Jumat.

Untuk tahapan penghitungan suara di tingkat PPK yang sudah selesai baru di Kecamatan Singkawang Timur dan Utara.


Baca juga: Belasan TPS di Kalbar lakukan pemungutan suara ulang


"Saat ini logistik kotak dan surat suara dari Kecamatan Singkawang Timur dan Utara sudah digeser ke Kantor KPU Singkawang dengan pengawalan pihak kepolisian," ujarnya.

Sedangkan untuk tiga kecamatan lainnya seperti tengah, barat dan selatan  penghitungan suara hingga saat ini masih berlangsung.

Dia menambahkan, dalam penghitungan suara di tingkat kecamatan pihaknya selalu melibatkan personel keamanan baik dari TNI maupun Polri.


Baca juga: TPS 07 di Kota Pontianak gelar pemungutan suara ulang


Bahkan, kara dia, masing-masing Kapolsek di lima kecamatan juga sudah diinstruksikan untuk hadir mengawasi jalannya rapat pleno di wilayahnya agar berjalan dengan aman dan lancar.

"Apabila ada oknum yang coba-coba berani mengganggu kegiatan tersebut, kita tak segan-segan memberikan tindakan tegas sesuai dengan undang-undang yang berlaku," jelasnya.

Secara terpisah, Ketua KPU Singkawang, Riko mengatakan, sampai saat ini sudah ada dua kecamatan yang selesai melakukan penghitungan dan rekapitulasi suara.

Baca juga: Satu TPS di Kapuas Hulu laksanakan pemungutan suara ulang


"Dua kecamatan itu adalah Singkawang Timur dan Utara., sedangkan tiga kecamatan lainnya di selatan, barat dan tengah masih dalam proses," katanya.

Ia memperkirakan penghitungan suara di tiga kecamatan itu akan selesai paling lambat  Sabtu (27/4).

 "Kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat, supaya penghitungan/rekapitulasi suara di tiga kecamatan ini bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti, terlebih seluruh mekanisme sudah kami jalankan dengan baik," ujarnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019