Sejumlah jurnalis yang tergabung dalam organisasi Ikatan Pena Peduli Sosial Budaya (IP2SB) Kapuas Hulu, yaitu Tribun Pontianak Biro Kapuas Hulu, Lembaga Kantor Berita  Nasional (LKBN) Antara perwakilan di Kapuas Hulu dan Harian Suara Pemred menggelar pelatihan pemanfaatan teknologi bagi generasi muda di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.
 
Pelatihan pemanfaatan teknologi informasi itu bekerjasama dengan Pemerintah daerah Kabupaten Kapuas Hulu serta Kantor Penggelola Pembendaharaan Negara (KPPN) Putussibau dengan mendatangkan tiga narasumber dari Dinas Kominfo daerah setempat.
 
" Pelatihan teknologi itu sangat penting apalagi saat ini tidak banyak generasi muda yang bisa memanfaatkan teknologi ke arah positif," kata Ketua Ikatan Pena Peduli Sosial Budaya Kapuas Hulu, Sahirul Hakim saat pembukaan pelatihan pemanfaatan teknologi di Aula KPPN Putussibau, Kapuas Hulu, Sabtu.
 
Disampaikan Hakim, rata - rata generasi muda kalangan pelajar hingga mahasiswa itu hanya menggunakan teknologi untuk sarana hiburan seperti game online bukan untuk sarana mencari informasi.
 
Padahal kata Hakim, perkembangan teknologi jika dimanfaatkan dengan baik bisa mendatangkan banyak manfaat bahkan untuk pertumbuhan ekonomi, bisa jualan dan promosi berbagai produk.
 
Dia berharap generasi muda cerdas dalam memanfaatkan teknologi apalagi dengan dilaksanakannya pelatihan, minimal generasi muda memahami sejauh mana pentingnya memanfaatkan teknologi ke arah positif.
 
" Tidak sedikit konten - konten yang dapat merusak bahkan begitu maraknya penyebaran hoaks, itu salah satu penyebabnya akibatnya ketidakpahaman sehingga ikut - ikutan menyebarkan hoaks," ucap Hakim.
 
Wahyuni salah satu pelajar SMA yang ikut dalam pelatihan pemanfaatan teknologi itu mengaku sangat terbantu dengan pelatihan tersebut, banyak ilmu yang berkaitan dengan teknologi informasi di dapatkan melalui pelatihan seperti memanfaatkan media sosial diantaranya Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, blog dan beberapa media sosial lainnya.
 
" Yang terpenting ilmu yang kami dapatkan ini sangat bermanfaat, mudah - mudahan ke depan masih ada pelatihan seperti ini," ucap Wahyuni.
 
Dalam kesempatan tersebut, tiga pemateri dari Diskominfo Kapuas Hulu menyampaikan materi tentang menggunakan Instragram, YouTube dengan baik, bahkan mengupas lebih rinci dalam pemanfaatan teknologi informasi dengan materi cermat dalam bermedia sosial.
 
Selain itu, pihak KPPN Putussibau juga menyampaikan kepada generasi muda terkait teknologi yang telah digunakan dalam pengelolaan perbendaharaan uang negara.
 
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019