Jajaran Kodam XII/Tanjungpura tak henti-hentinya membantu masyarakat. Salah satunya ialah dengan melaksanakan program jambanisasi yang membantu warga kurang mampu untuk memiliki jamban atau sanitasi yang memadai di rumahnya masing-masing. Program jambanisasi itu di laksanakan oleh para para Babinsanya yang ada di Kodim ataupun di Koramil-Koramil.

"Ini memang sudah menjadi perintah pimpinan kami. Melalui program ini, kami selain membantu membuatkan jamban, kami juga ingin mengarahkan pola pikir masyarakat akan pentingnya hidup sehat dan memiliki sanitasi yang memadai di setiap rumah," kata Kepala Penerangan Kodam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe  di Pontianak, Kamis.

Ia mengatakan, belum lama ini, Babinsa Koramil 1205-14/Sayan, Sersan Satu, Mulyadi melaksanakan pembuatan  jamban di sebuah rumah milik Rahman warga Desa Meta Makmur, Kecamatan Sayan, Kabupaten Melawi, Kalbar.

Sementara Komandan Kodim 1205/Sintang, Letnan Kolonel Inf Rachmat Basuki menimpali pembuatan jamban yang dilakukan oleh Babinsa tersebut merupakan pelaksanaan Program Jambanisasi Semester I Tahun 2019 Kodim 1205/Sintang yang dilaksanakan secara serentak di tiap-tiap Koramil.

"Tujuan program jambanisasi ini adalah untuk membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas hidup serta kesehatan masyarakat," kata Dandim 1205/Stg.

Adapun sasaran ujar Letkol Inf Rachmat Basuki mengatakan dari program jambanisasi adalah masyarakat yang kurang mampu dan belum memiliki jamban di daerah binaan Koramil.

"Melalui program jambanisasi diharapkan dapat merubah pola atau kebiasaan masyarakat untuk lebih hidup sehat dengan tidak membuang hajat disembarang tempat," katanya.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019