Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu provinsi Kalimantan Barat menggelar rapat lintas sektor membahas ketersediaan kebutuhan pokok dan harga sembako selama Ramadhan hingga Lebaran mendatang.
 
"Kita akan pantau harga sembako mau pun ketersediaan barang - barang kebutuhan pokok selama Ramadhan hingga lebaran," kata Kepala Bagian Ekonomi, Sekretariat Daerah Kapuas Hulu, Agus Stormandi, di ruang rapat Bupati Kapuas Hulu, Rabu.
 
Dikatakan Agus, secara umum harga sembako masih terkendali, meski pun ada beberapa yang mengalami kenaikan, tetapi masih dibatas normal.
 
Disampaikan dia, pemerintah kabupaten/kota dimintai laporan setiap perkembangan harga dan ketersediaan sembako oleh Pemerintah Provinsi.
 
Untuk di Kapuas Hulu, kata Agus, berdasarkan laporan Dinas Perdagangan Kapuas Hulu, ada tiga kecamatan sebagai sampel harga sembako yaitu Kecamatan Putussibau Utara, Semitau dan Kecamatan Jongkong.
 
"Untuk sementara ini memang harga masih stabil dan ada juga beberapa sembako mengalami kenaikan," ucap Agus.
 
Untuk itu menurut dia, yang perlu di bahas bukan hanya terkait ketersediaan dan harga, namun terkait peredaran barang - barang juga di wilayah Kapuas Hulu.
 
Sementara itu, Penjabat (Pj) Sekda Kapuas Hulu, Sarbani mengatakan stok barang perlu menjadi perhatian bersama, jangan sampai terjadi lonjakan.
 
Ditegaskan Sarbani, untuk ketersediaan daging diminta dinas terkait melakukan persiapan, karena ada subsidi daging akan di jual.
 
"Jangan sampai pedagang daging menjual se enaknya saja dengan harga melambung," tegas Sarbani.
 
Untuk mengontrol harga dan ketersediaan barang terutama sembako perlu dilakukan sidak dan tindakan tegas.
 
"Sidak perlu kita lakukan sebagai pengawasan jangan sampai ada pedagang nakal," pinta Sarbani.
 
Rapat lintas sektor yang di laksanakan di ruang rapat Bupati Kapuas Hulu itu dihadiri sejumlah dinas terkait di lingkungan Pemerintah kabupaten Kapuas Hulu serta melibatkan aparat penegak hukum daerah setempat.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019