Branch Manager BNI Pontianak, Muhammad Farid Ma'rof mengatakan pihaknya tetap memberikan layanan kepada nasabah saat periode libur Lebaran 2019.

"Mulai tanggal 3-7 Juni 2019 kita tetap memberi layanan kepada nasabah kita. Kecuali satu hari saja, yakni hari pertama lebaran," ujar Farid di Pontianak, Minggu.

Farid menjelaskan Kantor Cabang Utama (KCU) BNI Pontianak akan melayani kebutuhan nasabah dalam penarikan dana maupun pemindahan buku.

"Jadi kita bisa melayani nasabah seperti penarikan, pemindahan buku dan lainnya. Untuk penarikan maksimal saat ini Rp25 juta," kata dia.

Meski demikian, kata Farid, layanan proses kliring dan Real Time Gross Settlement (RTGS) tidak bisa dilakukan dalam periode ini.

"Jadi dua hal saja yang tidak bisa kita layani. Sisanya masih bisa di KCU kita. Apabila ATM atau buku tabungan hilang maka bisa diurus oleh nasabah kita," papar dia.

Terkait layanan ketersediaan uang kertas di ATM dan layanan BNI secara online, Farid memastikan aman sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

"Kita terus memantau ATM kita dan layanan lainnya dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat," ujarnya.

Dalam kesempatan terpisah, Vice President Area Head Bank Mandiri Kalbar, Ahadi Subri mengatakan terdapat enam kantor cabang Bank Mandiri di provinsi itu yang tetap buka pada saat hari libur Idul Fitri pada 3-7 Juni 2019.

“Secara nasional Bank Mandiri akan tetap mengoperasikan 385 cabang di seluruh Indonesia secara bergantian. Sedangkan di Kalbar sendiri akan dioperasikan enam kantor cabang,” ujarnya.

Ia memaparkan enam cabang Bank Mandiri tersebut antara lain berada di Pontianak, Singkawang, Ketapang, Sintang dan Sanggau.

Operasional cabang tersebut untuk memberikan layanan perbankan terbatas kepada masyarakat, termasuk untuk pembayaran pesan antar pembelian BBM oleh SPBU-SPBU dan pembayaran pajak.

“Informasi terkait kantor-kantor cabang yang operasional pada saat libur Idul Fitri akan dapat diketahui nanti melalui website www.bankmandiri.co.id,” kata Ahadi.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Kalbar, Prijono menyebutkan layanan bank umum saat libur tergantung kebijakan masing-masing.

"Hanya saja saat libur bank umum tidak bisa melayani yang sifatnya kliring dan RTGS," ujarnya.

Menurut dia, untuk kebutuhan uang dan layanan lainnya, perbankan masing-masing sudah menghitung dan mempertimbangkan agar tidak mengganggu layanan pada periode Lebaran 2019. 

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019