Dua negara yang belum pernah berpartisipasi di Rainforest World Music Festival, tahun ini namanya akan dikenal di panggung musik tahunan tersebut untuk menampilkan warisan budaya yang langka dan eksotis.

 Musisi Rakyat "Druk" dari Bhutan dan "Sangtam Naga" dari Nagaland (India Utara) akan memulai debut mereka tahun ini dengan memberikan penonton sedikit gambaran sejarah yang kaya dan warisan dari kedua negara yang terletak di kaki pegunungan Himalaya.

 Masyarakat Himalaya umumnya digambarkan sebagai budaya yang jauh dan non-teknologi yang mempertahankan gaya hidup tradisional, seni, dan bahasa.

 Mewakili Kerajaan yang unik ini, Druk Folk Musician adalah tiga penyanyi dan instrumentalis terkenal. Sonam Dorji adalah pemain master drangyen (kecapi Bhutan). Ia juga orang pertama yang menggubah dan menyanyikan lagu modern khengpa, yang kemudian memberinya gelar Kheng Sonam Dorji. Sedangkan bagi penonton internasional, mengenal Sonam melalui kontribusi soundtrack-nya untuk film Bhutan yang terkenal, Travellers and Magicians dan penampilannya di Smithsonian's Festival of American Folklife.

Sementara Ugyen Panday telah dianugerahi "Penyanyi Terbaik Bhutan" untuk suaranya yang berbeda. Kontribusinya yang unik dan perjalanan kreatifnya telah menjadikannya seniman abadi seperti sekarang ini. Dia memiliki pengalaman yang lebih banyak karena telah berpartisipasi di berbagai festival dan acara musik internasional di seluruh dunia.

Satu lagi, Novin Kharel adalah multi-instrumentalis dengan keterampilan luar biasa dalam improvisasi yang dikenal karena permintaannya akan hal-hal yang asli atau natural. Dia telah berkolaborasi dengan beragam artis dan juga memainkan berbagai instrumen musik asli Bhutan.

Bersama-sama, mereka bertiga akan mempersembahkan lagu-lagu daerah Bhutan dan membawa sentuhan kebahagiaan nasional mereka ke Rainforest World Music Festival 2019.

 Sedangkan Sangtam Naga dipimpin oleh Guru Shiromong Sangtam. Rombongan budaya ini menampilkan tradisi leluhur yang kaya dari Sangtam Naga dalam bentuk lagu-lagu rakyat dan tarian yang merupakan unsur penting dari budaya Naga tradisional.

 Lagu-lagu rakyat Naga romantis dan historis, dengan lagu-lagu yang menceritakan seluruh kisah leluhur dan insiden terkenal. Tarian rakyat suku sebagian besar ditampilkan dalam kelompok secara serempak, baik oleh pria maupun wanita, tergantung pada jenis tariannya.

Tarian biasanya dilakukan di festival dan selama acara keagamaan. Tarian perang sebagian besar dilakukan oleh laki-laki dan atletis dan gaya bela diri.

 Mereka memiliki banyak festival tradisional di mana suku-suku berkumpul dalam perayaan tarian dan musik. Ini tentu saja merupakan salah satu aksi yang bisa disaksikan di RWMF 2019.

 Rainforest World Music Festival 2019 akan berlangsung pada 12-14 Juli di Kampung Budaya Sarawak dan diorganisir oleh Badan Pariwisata Sarawak (STB), didukung oleh Tourism Malaysia dan didukung oleh Kementerian Pariwisata, Seni dan Budaya, Pemuda & Olahraga Sarawak.  

Untuk informasi lebih lanjut tentang tiket, kegiatan festival, dan logistik, silakan masuk ke https://rwmf.net/.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019