Puskesmas Teluk Batang menjadi satu-satunya pusat pelayanan kesehatan di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat untuk tingkat pertama bagi pasien tuberkulosis atau TBC.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Kayong Utara (KKU), Bambang Subarkah usai peluncuran program khusus tuberkulosis di Kecamatan Teluk Batang.

"Puskesmas Teluk Batang ke depannya dijadikan percontohan sistem pelayanan pasien dengan tuberkulosis di Kayong Utara, setingkat puskesmas," kata Bambang saat dihubungi dari Pontianak, Ahad.

Ia menyebutkan sebagai pusat layanan tuberkulosis, disiapkan peralatan dan tenaga khusus dan sistem administrasi khusus untuk tuberkulosis seperti alat Tes Cepat Molekuler (TCM)

"Ini alat baru, hanyadi Rumah Sakit Sultan Jamaluddin 1 dan Puskesmas Telok Batang yang tersedia," imbuh nya.

Untuk pelayanan, alur yang lama, pasien tuberkulosis jika akan mengambil obat TB atau hendak berobat dengan penyakit yang lain. Mereka akan antre di loket untuk mengambil rekam medik, dan sama pelayanan di poli umum untuk dapat pemeriksaan dokter, antre di apotek untuk ngambil obat. Namun untuk pelayanan di program baru ini pasien akan mendapatkan pelayanan khusus.

"Privasi atau kerahasiaan pasien akan dijaga, dan tidak dibuka ke semua orang termasuk kepada petugas umum," imbuhnya.

Bambang Subarkah menjelaskan, selain menjadi Puskesmas percontohan, rencana ke depan setiap puskesmas di KKU akan dijadikan model penanganan penyakit tertentu, contoh Puskesmas Sukadana menjadi Puskesmas model ODGJ (orang dengan gangguan jiwa ), Puskesmas Seponti Model penyakit kusta, Puskesmas Melano model pelayanan HIV AIDS.

Menjadi puskesmas percontohan, Kepala Puskesmas Teluk Batang, Ade Heryanto merasa hal tersebut merupakan terobosan baru yang lebih inovtif dan terfokus.

"Di satu sisi ini adalah tantangan, dan juga bentuk kepercayaan dari pimpinan dalam peningkatan pelayanan dan kami berkomitmen untuk mendukungnya agar terlaksana dengan baik," kata Ade Heryanto.

Dirinya ke depan akan memotivasi para petugas medis di lingkungan Puskesmas Teluk Batang untuk bahu membahu dalam pelayanan.

"Kita berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," papar dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019