Sebanyak 14 pasang muda mudi asal kabupaten/kota se-Kalbar mengikuti pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) dalam ajang kreatif produktif pemilihan Duta Genre Kalimantan Barat 2019.

"Mereka merupakan pemenang Duta GenRe di kabupaten/kota yang akan bersaing menjadi pasangan terbaik Duta GenRe Kalbar dan akan diseleksi hingga 26 Juni 2019 mendatang," kata Kabid KSPK BKKBN Kalbar, Aulia A Arief di Pontianak, Senin.

Ia mengatakan, dalam penyeleksian itu para calon Duta GenRe Kalbar ini diajak dalam berbagai kegiatan, seperti mendatangi panti jompo dan Kampung KB.

"Ke panti jompo ini kami ingin menumbuhkan kesadaran dan rasa empati pada setiap peserta terhadap orang tua. Dan nanti juga akan seperti itu sehingga mereka bisa menghargai orang tua dan juga menumbuhkan rasa pada delapan fungsi keluarga kepada setiap peserta dengan harapan agar mereka tularkan kepada kawan-kawannya," kata Aulia.

Sedangkan di Kampung KB, lanjut Aulia, para peserta tersebut diharapkan dapat melihat langsung apa yang menjadi peran anak muda dalam ikut membangun.

"Pembangunan saat ini dimulai dari sana, kita mulai dari pinggiran. Kalau pembangunan Kampung KB itu di gerakan dan dimotori oleh anak-anak muda maka mudah-mudahan semua programnya akan berjalan lancar," katanya.

Selain itu, dalam kegiatan ini peserta juga diberikan teori pembangunan KB dan pembangunan remaja GenRe. Peserta juga akan mendapat pertanyaan dan pengarahan dari para pakar terkait psikologi, psikotes, tes tertulis tentang ilmu KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga)

"Malam puncak pemilihan Duta Genre akan dilaksanakan 26 Juni 2019 di Auditorium Universitas Muhamadiyah Pontianak," katanya.
 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019