Menghafal Alquran bukan lah perkara yang sulit jika ada kemauan yang kuat dalam menghafal nya.

Inggit merupakan satu diantara peserta STQ Nasional XXV di Kalbar, kafilah dari Sulawesi Tenggara yang sudah hafal 30 juz.

Wanita kelahiran Kendari ini menjelaskan bahwa motivasinya dalam menghafal Alquran adalah ikut-ikutan dengan kawannya, yang ternyata  memberikan pengaruh yang positif terhadap lingkungan nya.

Baca juga: Masih ada kendala dalam pelaksanaan STQ XXV

"Saya menghafal Alquran karena ikut-ikutan dengan kawan saya dan saya tertarik untuk menghafal Alqur'an," katanya.

Inggit sudah 2 kali mengikuti kegiatan STQ Nasional. Sebelumnya dia meraih juara 2 untuk cabang lomba 20 juz, untuk sekarang dia mengikuti lomba 30 juz.

Inggit yang masih berusia 16 tahun, mulai hafal setahun sebelumnya. Dari lima bersaudara, tiga diantaranya adalah penghapal Alquran.

Baca juga: NTB kirim 30 orang untuk STQN XXV di Kalbar

Dia juga memberikan trik agar bisa hafal Alquran yaitu menghafal ayat pertama paling atas sampai hafal dan dilanjutkan sampai ayat berikut nya. Hal itu dilanjutkan sampai benar-benar hafal, sedangkan waktu yang tepat untuk menghafal Alquran adalah setelah Subuh dan Maghrib.

Dia juga memberikan semangat untuk penghafal Alquran agar tetap semangat dan dengarkan apa yang di sampaikan oleh guru, apapun yang di sampaikan itulah yang terbaik.
 

Pewarta: Wahyu/Teguh Imam Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019