Dengan menampilkan kearifan lokal dalam bentuk seni budaya tari yang berasal dari suku terbesar yang mendiami wilayah Kalbar, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Badan Kependudukan dan Keluarga Bencana Nasional (BKKBN) dalam penampilanya berhasil meraih juara 1 dalam lomba kreasi tarian dalam rangka peringatan Harganas ke-XXVI di Banjarbaru Kalimantan Selatan.

"Ini adalah tarian khas Kalbar yang merangkum entitas di Kalbar yang disebut tarian Cidayu  (Cina atau Tionghoa, Dayak dan Melayu)," kata Ketua Darma Wanita Persatuan BKKBN Kalbar, Eis Trismulyati di Banjarmasin, Sabtu.

Dikatakanya, DPW BKKBN Kalbar sengaja mengangkat seni budaya Kalbar. Dengan maksud agar ibu-ibu khususnya DPW BKKBN di seluruh Ingonesia dari Sabang sampai Marauke mengetahui seni budaya yang ada di Kalbar.

"Kalau ide awal mengkreasikan tarian Cidayu diminta oleh DWP BKKBN Indonesia agar seluruh DWP BKKBN setiap provinsi harus menampilkan kreasi kesenian budaya dari masing-masing daerah dan kami memutuskan untuk mengangkat kreasi tarian Cidayu yang kami persiapkan selama dua minggu bersama ibu-ibu DWP BKKBN Kalbar," katanya.

Menurutnya berkat latihan keras dan bersungguh-sungguh tarian Cidayu Kalbar mampu meraih juara satu. Bahkan, tarian Cidayu hampir meraih sebagai juara favorit, namun kalah satu poin dari provinsi lainya. "Sebenarnya kami hampir meraih juara pada dua katagori yaitu juara satu dan kategori juara favorit ," imbuhnya.

Eis Trismulyati berharap kedepan DWP BKKBN Kalbar kembali bisa menampilkan yang terbaik lagi. "Semoga ini menjadi pemacu hasil karya seni Kalbar untuk terus maju berkembang
Dan dalam kesempatan ini saya tak lupa mengucapkan selamat memperingati Harganas ke XXVI," katanya.
 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019