Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengharapkan dengan peringatan HUT ke-73 tahun Bhayangkara ini, dapat menjadikan polisi yang lebih profesional dan berprestasi serta semakin dicintai masyarakat.

"Saya menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-73 kepada Kepolisian Republik Indonesia. Kami dari pemerintah Kalbar siap untuk mewujudkan sinergitas untuk percepatan pembangunan di Kalbar bersama Polda Kalbar," kata Sutarmidji saat menghadiri HUT Bhayangkara ke-73 di Lapangan Bhayangkara Jananugara Polda Kalbar, Rabu.

Dia mengatakan, sejauh ini pemprov Kalbar sudah memiliki hubungan yang sangat baik dengan kepolisian dan sinergisitas yang terbangun juga sudah baik.

Baca juga: Warga Badau harap polisi semakin dekat dengan rakyat

Adapun salah satu wujud sinergisitas antaranya yaitu meluncurkan pembangunan Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Kalimantan Barat di Kota Singkawang.

"Saya berharap kedepan lahirnya polisi yang profesional dan berprestasi itu dari tempaan kalimantan barat, sehingga polisi yang melindungi, mengayomi dan melayani," tuturnya.

Dirinya juga meminta kepada masyarakat agar bersifat positif saat pihak kepolisian dalam menegakkan hukum jangan dipandang sebagai hal negatif.

Baca juga: Polda Kalbar imbau media ikut menyejukkan

"Kita perlu sosialisasikan ke masyarakat, ketika Polisi menegakkan suatu aturan perundang-undangan jangan dianggap sebagai kriminalisasi. Kenapa itu terjadi, selama ini hal-hal yang melanggar aturan sering ditoleransi sehingga ketika itu terakumulasi aturan harus ditegakkan orang menganggap itu adalah kriminalisasi," tuturnya.

Lanjutnya, untuk tantangan kedepan bagi pihak kepolisian yaitu aturan yang ada saat ini akan tersaingi dengan kemajuan teknologi apapun termasuk kualitas kejahatan kedepannya.

"Tantangan Polri kedepan aturan selalu satu langkah kebelakang dari pada kemajuan teknologi apapun, termasuk kualitas kejahatan kedepannya. Nah aturan belum terjangkau untuk melahirkan hukum itu hakim, Polisi dan Jaksa maupun penegak hukum tidak bisa melahirkan hukum dan tidak bisa menafsirkan pasal-pasal hukum itu tidak gampang, jadi jangan menganggap satu kasus lama ditangani bukan karena sengaja melainkan mencari pasal yang tepat," ujarnya.

Baca juga: Polri - TNI Tingkatkan Keamanan Jelang HUT RI

Upacara Peringatan HUT Bhayangkara yang dilaksanakan di Lapangan Bhayangkara Jananugara dengan Inspektur Upacara Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono juga dihadiri Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Herman Asaribab, Lanud Supadio Marsma TNI Palito Sitorus, Wadan Lantamal XII Kolonel Mar Bambang Hadi Suseno.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019