Putussibau (Antara Kalbar) - Jajaran kepolisian dan TNI di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat memperkuat pengamanan menjelang puncak peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di wilayah setempat.

"Keamanan memang kami tingkatkan bersama pihak TNI, untuk mengantisipasi hal - hal yang tidak diinginkan, apalagi saat ini yang menjadi ancaman nyata yaitu terorisme," kata Kapolres Kapuas Hulu AKBP Imam Riyadi, ketika ditemui di Putussibau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Rabu.

Menurut Imam, pihaknya menurunkan 40 personil yang akan disebar di tiga ring yaitu ring pertama di komplek perkantoran khususnya Kantor Bupati Kapuas Hulu, ring kedua di sekitar pelaksanaan upacara bendera dan ring ketiga di jalan menuju Kantor Bupati Kapuas Hulu.

Ia juga menjelaskan saat upacara puncak peringatan HUT Kemerdekaan, empat titik jalan akan ditutup seperti di jalan DI Panjaitan, Antasari dan jalan Danau Luar.

"Kami mengantisipasi aksi teroris, biasanya mereka mencari momen - momen tepat," ungkap Imam.

Meskipun demikian, menurut Imam, wilayah Kapuas Hulu masih kondusif, namun keamanan dan ketertiban harus tetap dijaga termasuk antisipasi dini terkait ancaman terorisme.

Hal senada dikatakan Komandan Kodim 1206 Putussibau, Letkol Inf Muhammad Ibnu Subroto. Ia mengatakan jajaran TNI menurunkan 35 personil untuk bersama - sama dengan pihak kepolisian dalam menjaga keamanan pada puncak peringatan HUT Kemerdekaan.

"Kami mengantisipasi, selain ditempatkan di sejumlah titik tentunya kami juga melakukan patroli rutin, dan kita tidak boleh lengah meskipun Kapuas Hulu selama ini kondusif namun perlu antisipasi dini," tegas Ibnu.

Pewarta: Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017