Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Sambas, Kalimantan Barat, Guntur menyatakan pihaknya siap maju di perhelatan pesta demokrasi lima tahunan atau Pilkada Sambas pada 2020 mendatang.

“Saya memang sudah sangat siap maju untuk Pilkada 2020. Bahkan sebagai bentuk keseriusan saya sudah ada bakal calon pasangan yang siap mendampingi untuk maju yakni Anggota DPRD Sambas saat ini, Sudarwin,” ujar pria yang juga merupakan Anggota DPRD Kalbar di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa komunikasi politik dan silaturahmi terus pihaknya lakukan. Termasuk melakukan kunjungan ke sejumlah pimpinan partai di Kalbar.

“Kita sudah berkunjung ke Demokrat, Hanura dan berbagai pihak lainnya. Kita utarakan niat dan semangat juang kita untuk Pilkada Sambas 2020 mendatang,” jelas dia.

Baca juga: Misni Safari siap maju Pilkada Sambas 2020

Terkait apa yang akan menjadi motivasi untuk maju dan program apa yang akan dilakukan, Guntor mengatakan bahwa di antaranya membangun ekonomi kerakyatan. Ia menjelaskan ekonomi kerakyatan harus dibangun agar berdampak langsung sehingga kesejahteraan dapat dirasakan. Dengan demikian daerah secara otomatis maju pula.

“Untuk membangun ekonomi kerakyatan tentu dengan melihat kekayaan dan potensi Sambas yakni di bidang pertanian, perikanan, peternakan, kerajinan dan lainnya. Hal itu akan dimaksimalkan karena sebagian besar masyarakat kita bergerak di bidang tersebut,” jelas dia.

Untuk menyentuh ke ekonomi kerakyatan papar Guntor, pemerintah daerah harus hadir terutama dalam hal hasil pertanian dan lainnya. Jangan sampai apa yang dihasilkan petani tidak berdampak pada pendapatan seperti produk melimpah dan harga anjlok.

Baca juga: PAN prioritaskan usung kader pada Pilkada Serentak 2020

“Untuk itu selain kualitas kita utamakan namun hadirnya pemerintah harus ada. Contoh saya bertekad ketika terpilih akan membuat BUMD yang mana melalui itu hasil masyarakat dapat ditampung, dipasarkan serta lainnya dengan maksimal sehingga harga tetap relatif stabil dan berpihak kepada siapa pun,” jelas dia.

Program penting lainnya untuk mendukung berbagai hal yakni pembangunan infrastruktur. Menurutnya Sambas masih membutuhkan percepatan pembangunan infrastruktur untuk mendukung kemajuan daerah.

“Kita akan memaksimalkan sumber daya ada meliputi harus hadirnya pemerintah baik dari pusat hingga kabupaten untuk membangun infrastruktur kita. Percepatan dan pemerataan harus hadir di negeri Sambas ini. Masih banyak program lainnya dan itu komitmen kita nantinya,” jelas dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019