Pemerintah Kabupaten Kubu Raya merealisasikan program Bantuan Operasianal Sekolah Daerah (Bosda) berupa pengadaan seragam gratis bagi seluruh siswa baru untuk tingkat SD dan SMP yang ada di kabupaten itu.

"Kita bersyukur, penyaluran program Bosda berupa seragam gratis bagi siswa baru ini bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Ini merupakan salah satu program yang kita buat untuk membantu masyarakat dan sekaligus memaksimalkan kualitas pendidikan kita," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Rabu.

Muda mengatakan, melalui program Bosda berupa bantuan seragam gratis ini juga terbukti dapat membangun UMKM Konveksi dengan pasar dengan sistemik juga. Program ini, menurutnya, merupakan gagasan biasa yang tidak menyangka disambut baik oleh masyarakat.

Seperti diketahui, sebelumnya Muda telah membentuk beberapa UMKM Konveksi di beberapa daerah yang dilatih untuk menjahit seragam bagi anak-anak melalui program Bosda tersebut.

"Dengan adanya program ini, selain kita membantu meringankan beban masyarakat untuk pengadaan seragam bagi anak-anaknya, kita juga menghidupkan ekonomi kecil dengan menggerakkan UMKM konveksi agar memiliki pasar sistemik," tuturnya.

Realisasi program Bosda itu sendiri sudah mulai dilakukan hari ini, dimana Pemkab Kubu Raya melalui Koperasi Hasta Karya Jaya, menyalurkan 287 seragam sekolah gratis kepada SMPN 1 Sungai Raya. Penyerahan Seragam sekolah gratis ini diserahkan oleh Ketua Koperasi Hasta Karya Jaya Yudhi Hendradi kepada Kepala Sekolah SMPN 1 Sungai Raya Slamet Riyadi yang disaksikan oleh Komite Sekolah Sahidin, Koordinator 10 Koperasi Kubu Raya Rasikin dan Pengawas Koperasi Bujang Muis.

Kepala Sekolah SMPN 1 Sungai Raya Slamet Riyadi mengapresiasi program Bosda yang digulirkan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya pada tahun ini. Tentunya bantuan seragam sekolah gratis ini memberikan keringanan bagi orang tua siswa saat memasuki pelajaran baru.

"Saya mewakili SMPN 1 Sungai Raya mengapresiasi dan berterima kasih Kepada Bapak Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, yang telah mengembalikan program Bosda berupa seragam sekolah gratis ini. Tentunya program ini merupakan program unggalan Bapak Bupati Muda sejak beliau menjabat sebagai Bupati Kubu Raya pertama pada priode 2009-2014 lalu," kata Slamet.

Menurutnya, program Bosda ini membuktikan komitmen dan merupakan kerja nyata dari Bupati Muda dalam meringankan beban orang tua.

Dia menyatakan, saat memberikan sosialisasi terkait program Bosda ini kepada para prang tua, ratusan orang tua siswa menyampaikan rasa terima kasih dan salut terhadap kebijakan Bupati Muda Mehendrawan yang telah mengembalikan lagi program Bosda di daerah ini.

"Alhamdulillah, hampir semua orang tua yang hadir menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada bapak Bupati Kubu Raya Muda Mehendrawan yang memberikan seragam sekolah gratis kepada anak mereka. Program ini sangat membantu orang tua siswa yang tidak mampu untuk menyekolahkan anaknya", ujarnya.

Hal senada juga disampaikan satu diantara orang tua siswa Rudi menyampaikan terima kasihnya kepada Bupati Kubu Raya yang telah mengembalikan program Bosda berupa seragam sekolah gratis. Langkah ini memberikan keringanan bagi orang tua yang anaknya ingin melanjutkan sekolah.

"Sebagai orang tua siswa, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada bapak Bupati Kubu Raya, yang telah membantu kami warga yang kurang mampu dengan memberikan seragam sekolah gratis kepada sama. Saya sangat bersyukur sekali dan merasa bangga dengan kebijakan bapak Bupati dalam memperhatikan rakyat kecil seperti kami ini", katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019