Dalam merayakan Idul Adha 1440 Hijriah, Kodam XII/Tanjungpura menggelar Sholat Idul Adha di lapangan Apel Makodam XII/Tpr di Jalan Arteri Alianyang, Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, yang juga hadiri oleh masyarakat sekitar.

Pada perayaan Lebaran Haji tahun ini dengan mengusung tema, "Jadikan Hikmah Idul Adha 1440 H/2019 M Sebagai Momentum Peningkatan Ketakwaan dan Semangat Rela Berkorban Guna Mendukung Tugas Pokok TNI AD".

Ustdad Luqmanul Hakim dalam khotbahnya menyampaikan, ada dua pesan penting dalam momentum peringatan Idul Adha. Yang pertama adalah ketakwaan. Melalui Idul adha umat Islam wajib harus bisa mengupgrade ketakwaannya kepada Allah SWT. 

"Untuk teknologi saja kita upgrade, ketakwaan kita sebagai hamba Allah wajib juga kita upgrade," ujarnya.

Pesan yang kedua ujar Ustad Lugmanul yaitu selain mengupgrade hubungan dengan Allah, umat Islam harus mengupgrade hubungan yang baik dengan sesama manusia. 

"Untuk menjaga hubungan tersebut kita harus mampu mengorbankan ego kebinatangan dalam diri kita, untuk saling memaafkan," ujarnnya.

Menurut ustad, hubungan baik itu sangat perlu dilakukan untuk mencapai kehidupan yang baik pula, tidak hanya di dunia akan tetapi juga hidup di akhirat nanti.

"Kepada perintah Allah SWT haruslah tetap kita jalani, namun menjalin hubungan dengan sesama manusia serta yang lainnya, itu juga harus kita jalani bersama," katanya.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019