Polres Bengkayang, Kalimantan Barat terus memperketat dan meningkatkan pengawasan di kawasan pintu perbatasan di daerah itu lantaran masih sering ditemukan barang ilegal yang masuk.

"Pengawasan di kawasan perbatasan ini dilakukan untuk mencegah masuknya barang ilegal dari negara Malaysia menuju Indonesia. Kita bahkan selalu razia rutin yang dilakukan oleh Polsek jajaran Polres Bengkayang," ujar Kapolres Bengkayang AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto saat dihubungi di Bengkayang, Rabu.

Yos juga telah perintahkan jajaran Polsek untuk memperketat pengawasan perbatasan di Jagoi Babang yang merupakan daerah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia.

Baca juga: Sungai di perbatasan Indonesia - Malaysia diduga tercemar oleh kebun sawit

Pihaknya berkomitmen untuk terus memberantas aktivitas ilegal di wilayah di kawasan perbatasan antara Indonesia dan Malaysia yang berada di Kecamatan Jagoi Babang.

“Saya instruksikan kepada seluruh Polsek jajaran untuk meningkatkan dan memperketat pengawasan di perbatasan yang merupakan jalur masuknya barang-barang ilegal asal Malaysia," kata dia.

Kapolres Bengkayang juga menegaskan untuk memberantas segala bentuk tindak pidana perbatasan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kami berkomitmen akan terus melakukan penindakan terhadap kejahatan perbatasan yang sangat merugikan negara," ucap nya.

Baca juga: Perbatasan Kalbar-Malaysia kesulitan air bersih

Tambahnya, peningkatan pengamanan perbatasan juga dilakukan bersama instansi TNI, Bea Cukai dan Imigrasi serta pemerintah Kabupaten Bengkayang.

“Kami melakukan pengawasan di jalur perbatasan kerjasama dengan aparat TNI, Bea cukai, imigrasi dan Pemkab Bengkayang untuk mencegah barang ilegal tidak masuk ke wilayah Indonesia," tambahnya.

Yos juga mengajak peran serta masyarakat untuk turut mengawasi aktivitas ilegal. Jika ada hal mencurigakan bisa melaporkan kepada pihak keamanan terdekat. Semua pihak terlibat untuk mencegah ilegal.

"Kita mengimbau masyarakat untuk juga tidak melakukan aktivitas yang melawan hukum. Kami akan bertindak dengan tegas atas tindakan - tindakan yang melawan hukum atau merugikan negara. Tidak ada toleransi terhadap pelanggaran hukum," sebutnya.


Baca juga: Indonesia Border Care : Jokowi - JK sukses bangun perbatasan
Baca juga: Tarian nusantara pukau peserta HUT Kemerdekaan di perbatasan
Baca juga: PLBN Badau pusat upacara kemerdekaan di perbatasan Kapuas Hulu

Lanud Hang Nadim, upaya mempertahankan kedaulatan perbatasan

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019