Pemerintah Desa Sumber Harapan terus memaksimalkan potensi desanya dalam rangka mewujudkan desa mandiri di Sambas, Kalimantan Barat.

“Kami berkomitmen untuk berupaya bekerja maksimal dalam mengejar capaian-capaian sebagaimana direkomendasikan oleh peneliti dari hasil penelitiannya untuk menuju desa mandiri,” ujar Kades Sumber Harapan, Herikusnadi saat dihuhungi di Sambas, Jumat.

Ia menyebutkan bahwa untuk mencapai tersebut tentu tidaklah mudah dan juga dibutuhkan kerja keras semua pihak.

“Untuk mewujudkan desa mandiri di sini tentu kami butuh dukungan dan bimbingan baik dari pemerintah daerah dan lembaga - lembaga terkait. Terpenting lagi dari masyarakat Desa Sumber harapan itu sendiri,” kata dia.

Terkait upaya mewujudkan desa mandiri sejumlah langkah dan pembahasan di lakukan termasuk melalui seminar hasil penelitian dalam rangka mendorong Desa Sumber harapan menjadi desa mandiri pada 2020.

“Kegiatan seminar dilaksanakan di Aula Kantor Desa Sumber Harapan pada Kamis 12 September 2019. Seminar dihadiri oleh berbagai instansi pemerintah kabupaten seperti dari Bappeda, Disnsospmd, Disprindag, Dinkes dan instansi pemerintah lainnya. Hadir juga lansung oleh peneliti, Pemdes Sumber Harapan, BPD, tokoh agama dan masyarakat, Karang Taruna, koperasi dan lainnya,” katanya.

Seminar yang digelar memaparkan terkait potensi serta tantangan yang ada di Desa Sumber Harapan dalam upaya menjadikn desa mandiri di tahun 2020 mendatang.

“Seluruh peserta mengapresiasi kegiatan ini. Dari pemaparan hasil penelitian ada beberapa komponen indeks desa membangun yang nilainya masih rendah, sehingga menjadi catatan penting bagi kami untuk menjadi fokus kerja di tahun mendatang,” kata dia.

Sebelumnya, Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menargetkan dalam lima tahun ke depan bisa mewujudkan pembangunan 500 desa mandiri di provinsi itu.

Sutarmidji menyebutkan dengan adanya desa mandiri maka dapat memberikan dampak yang baik bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa tersebut.

“Selain itu, dengan desa mandiri efek pembangunan yang merata dapat segera terwujud. Saa ini dari total desa yang ada di Kalbar baru satu desa status desa mandiri di Kalbar,” ujarnya.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019