PKK Kayong Utara ingatkan pentingnya cuci tangan bersih karena dapat mencegah berbagai macam penyakit terutama yang mengancam anak-anak usia sekolah.

Tim Penggerak PKK Kayong Utara dipimpin ketuanya Julianti Effendi Ahmad memimpin peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ke 12 tahun 2019 di TK Oesman Al khair, Selasa.

Julianti Effendi Ahmad mengatakan bahwa kegiatan ini untuk membangun kesadaran masyarakat akan perilaku hidup sehat yaitu dimulai dari mencuci tangan pakai sabun setelah beraktifitas.

"Tangan yang bersih adalah resep untuk kesehatan. Untuk membangun kesehatan perlu adanya kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi tingginya sebagai investasi hidup. Pemahaman ini perlu kita sosialisasikan pada anak usia dini," ujar dia.

Selanjutnya, pada acara yang bertemakan Clean Hand and Recipe for Health itu, Julianti berharap dengan menggalakkan perilaku mencuci tangan pakai sabun akan dapat memperbaiki praktik-praktik kesehatan pada umumnya dan perilaku sehat pada khususnya.

"Mencuci tangan pakai sabun adalah perilaku sehat yang terbukti secara ilmiah dapat mencegah penyebaran penyakit menular seperti cacingan, diare, dan flu burung. Penyebaran penyakit ini di Indonesia masih tinggi, untuk itu penting menyebarluaskan pesan mencuci tangan pakai sabun ini, terutama pada anak-anak usia sekolah," kata dia.

Lebih lanjut Julianti mengajak kepada seluruh masyarakat Kayong Utara senantiasa menjaga kebersihan lingkungannya dengan mempraktikkan perilaku hidup sehat di lingkungan tempat tinggalnya dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Humas).


 

Pewarta: Rizal/Humas KKU

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019